Andi Ardiman

Andi Ardiman,S.Pd Gr.,M.Pd lahir di Kota Padang, 27 Oktober 1991 Merupakan Guru Kelas pada MIN 3 Kota Padang, Telah menamatkan Program Pasca Sarjana Jurusan Pen...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ada yang berbeda saat jam istirahat

Ada yang berbeda saat jam istirahat

 

Setiap pagi aku selalu menunggu anak- anak masuk ke dalam kelas, datang lebih awal dari siswa memang sudah menjadi kebiasaan ku, saat berada  di sekolah yang lama aku dan siswa ku kelas VI selalu memulai pembelajaran pukul 06.30 itu kesepakatanku dengan anak- anak, karena belajar pagi akan membuat anak- anak lebih bergairah dan akan cepat memahami materi pembelajaran , sehingga kebiasaan itu selalu ku terapkan di sekolah baru ku ini tetapi pembelajaran tak bisa ku mulai lebih awal mengingat tempat tinggal siwa banyak  yang jauh dari sekolah.

 

Setiap pagi selalu menyambut kedatangan siswa, dan selalu memperhatikannya saat jam istirahat anak- anak memanfaatkan waktu istirahat dengan baik, beberapa minggu ini selalu ku perhatikan kegiatan siswaku saat istirahat dan tampak pemandangan yang berbeda, aku sangat terkagum melihat  beberapa anak- anak memanfaatkan waktunya untuk membaca, ada juga yang meminjamkan buku pribadinya kepada temannya dan dibuat pula catatan kecil tentang siapa temannya yang meminjam buku padanya . Awalnya hanya terlihat beberapa orang saja anak- anak yang membaca, tetapi gebrakan yang dilakukan beberapa siswaku itu membuat temannya yang lain terpacu untuk membaca pada saat jam istirahat, alhasil ku tanyakan kepada siswaku itu dia sangat lincah menjabarkan apa yang telah dibaca.

 

Disisi lain meskipun aku belum bisa menyulap sudut kelas ku dengan baik, tetapi gairah literasi menggeliat dikelasku, dan aku beranggapan bahwa untuk apa sudutkelas dihias secantik mungkin jika siswa tak boleh menyentuh koleksi buku yang terdapat pada rak buku yang tersusun pada sudut baca itu, alhasil sama dengan bohong, untuk apa sudut baca dibuat jika hanya sebagai hiasan kelas belaka.  melihat  siswa- siswaku bersemangat untuk membaca maka membuatku semakin termotivasi untuk lebih menjaid lebih baik lagi dalam mengembangkan literasi.

 

#tantangan hari ke37

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post