Andika Saputra Jaya

Nama : Andika Saputra Jaya alamat : Kp. Gempol RT RW 001/001 Ds. Sukarapih Kec. Tambelang Kab. Bekasi - Jawa Barat Kuliah di STAI Haji Agus Salim Cikarang Me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bahaya Sebar Hoax, Boros, dan Banyak Bertanya

Bahaya Sebar Hoax, Boros, dan Banyak Bertanya

Dijelaskan dalam H.R. Bukhori no. 1477 dan H.R. Muslim no. 4582, bahwa Allah sangat membenci 3 hal.

إِنَّ اللَّهَ كَرِهَ لَكُمْ ثَلاَثًا قِيلَ وَقَالَ ، وَإِضَاعَةَ الْمَالِ ، وَكَثْرَةَ السُّؤَالِ

Sesungguhnya Allah membenci 3 hal untuk kalian: [1] menyebarkan berita burung (katanya-katanya); [2] menyia-nyiakan harta; dan [3] banyak bertanya. (HR. Bukhari 1477 & Muslim 4582).

1. Berita burung yang tidak jelas (katanya-katanya)Yaitu seseorang yang memberikan informasi yang tidak jelas sumbernya. Katanya-katanya. "Nya" nya itu tidak jelas siapa. Seperti contoh dalam kehidupan: Ali memberikan kabar kepada temannya bahwa gurunya hari ini tidak hadir ke sekolah. Ketika ditanya oleh temannya:" kamu kata siapa Ali?". "Katanya".

Jangankan memberikan informasi yang tidak jelas sumbernya, mengikuti sesuatu yang tidak ada pengetahuan oleh kita pun dilarang. (Q.S. Al Isro : 36)

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ ۚ إِنَّ ٱلسَّمْعَ وَٱلْبَصَرَ وَٱلْفُؤَادَ كُلُّ أُو۟لَٰٓئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔولًا

2. Menyia-nyiakan harta

Menyia-nyiakan harta bukan hanya menghilangkan esensinya tapi juga dapat menghilangkan pahalanya. Lihat betapa banyak orang membutuhkan makan meskipun hanya sesuap. Betapa banyak orang memerlukan air walaupun hanya seteguk. Betapa banyak orang mengharapkan tempat tidur yang layak meskipun berbantal sebelah lengan. Maka jangan sia-siakan harta yang sudah dititipkan kepada kita.

3. Banyak bertanya

Yaitu bertanya sesuatu yang sudah jelas keterangannya. Seperti halnya kisah umat nabi Musa. Ketika diperintahkan menyembelih sapi, ditanyakan lagi, sapi yang tua atau muda, dan pertanyaan lain sebagainya. Hal itu akan menimbulkan kesulitan dalam memahaminya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih tausiyah ilmunya. Sukses selalu. Salam literasi

11 Aug
Balas

Aamiin.. terimakasih pak Dede.. salam kenal dan sukses juga untuk pak dede

12 Aug

Keren. Barakallahu fiik

11 Aug
Balas

Terimakasih bunda.. sukses juga untuk bunda..

12 Aug

Tulisan keren sekali Pak Andi. Salam literasi, sukses selalu.

11 Aug
Balas

Barakallah.. terimakasih pak Edi.. sukses juga untuk pak Edi.

12 Aug



search

New Post