Andi Winata As'ari

Andi Winata A adalah Guru di salah satu perguruan tinggi swasta di kota Jombang. Suka kejujuran. Suka keadilan sosial. Membenci perbuatan dholim. Penyayang sesa...

Selengkapnya
Navigasi Web

Libur Telah Tiba

HARI ini sabtu malam minggu. Besok tentu hari libur. Bagi sebagian orang pesantren kemaren jum'at juga hari libur. Untuk urusan hari libur, Ini tergantung selera saja, mau jum'at atau minggu sama enaknya. Ana suka libur hari jum'at dan minggu karena memang kantor suka libur. Kerjanya memang tidak tetap, asal gajinya tetap, hihihi.

Oh iya. Ini kan masih masa liburan sekolah. Antum kemana aja liburan sekolah? Liburan pondok? Ke Bali, Gunung, ataU Fantai. Neh guys, ana mau bagi-bagi advice neh untuk teman-teman yang lagi enjoy liburan. Hari gini jaman sudah akhir, ana harap antum bisa deh milih tempat dan kegiatan liburan yang syar'i dan berpahala besar tentunya.

1. Ziarah Kubur

Nah, mumpung antum masih libur pondok, dan antum jarang di rumah. Baiknya sediakan waktu untuk kunjungi makam sanak saudara hingga masyayikh yang sudah wafat. Sesekali bertawasul dan berdoa supaya dimudahkan segala urusan belajarnya.

2. Silaturohim

Lama tidak muncul di masharakat tentu membuat tetangga kurang mengenal para santri. Antum sebagai santri kudu mau srawung dengan tetangga jangan terusan di kamar mainan hp, apalagi seharian nonton tv. Ini sungguh perilaku kurang baik dicontoh.

3. Tetap Istikomah

Meskipun sedang berada di rumah, tidak berarti antum bisa bebas ngapa-ngapain. Kebebasan antum kudu mencerminkan santri. Diantaranya tetep bangun pagi, tetep berjamaah, tetep ngaji, wiridan. Dan yang paling penting tetap menutup aurat dan menjaga tingkah laku. Gitu tum, antum, antum.

4. Bercengkerama dengan orang tua

Lama di pesantren, tentu orang tua kangen dengan antum. Orang tua juga manusia biasa yang juga butuh diperhatikan. Antum jangan menghindar jika orang tua mengajak ngobrol, sukur-sukur ajak mereka bergurau sambik menikmati teh. Berharap itu bisa mengobati kangen mereka kepada antum.

5. Membantu Orang tua

Antum sudah terbiasa membantu pak kiai di pesantren, bahkan sangking patuhnya antum lakukan perintah kiai sebelum diperintah. Nah, kudunya antum juga menerapaken itu saat dirumah. Saat halaman kotor, kudunya antum peka dan langsung menyapu, tanpa diobrak-obrak sama ortu. Itu baru asli santri, santri asli.

6. Mencari Ilmu

loh, lagi libur di rumah ko tetep mencari ilmu. Hemm, antum kudu tau bahwa pas di rumah tidak berarti istirahat tidak belajar. Malah seharusnya antum belajar hal-hal yang belum diajarkan di pondok. Seperti ilmu pertanian, berdagang, perikanan, dan ilmu apapun yang bermanfaat.

7. Hindari maksiat

Ini yang paling penting. Antum di pesantren selalu dibatasi dengan peraturan agar tidak bermaksiat. Ketika di rumah antum kudu mandiri menjaga diri dari maksiat. Apa saja maksiat? Tentu banyak sekali, diantaranya maksiat lisan, mata, hati dsb. Antum sebisa mungkin menghindari hal yang menjadi sumber maksiat. Jangan ketika pulang pondok, antum malah rajin bermain kartu, domino, dsb, yang itu bisa merusak muru'ah antum.

Nah itu saja, mudah-mudahan bermanfaat buwat antum. Eh, antunna juga ding.. Keasikan antum, lupa antunna.

Antum, antunna, dapat salam dari nahnu 😁

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post