Andri You

Sejak 2007 mulai aktif mengajar, saat ini menjadi mentor dan coach juga fasilitator beberapa sekolah penggerak, sekolah berbasis alam dan komunitas pendidi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Gak Boleh Loyo

Guru Gak Boleh Loyo

Semangat Pagi!.

“Cedera tangan saya sembuh malah saat dipakai olahraga. Mulai dari yang ringan. Dimulai dari jalan santai dulu. Di niatin olahraga tapi, jalan cepat dan lari ternyata ada tehniknya supaya nggak cedera. Dulu saya sering cedera kaki soalnya”.

Ungkapan diatas adalah salah satu pengalaman Bu Guru Setia dari perjalanannya menjaga pola hidup sehat.

Olahraga pagi sangat penting, untuk menjaga keseimbangan tubuh minimal butuh 30 menit setiap hari kita bergerak untuk olahraga. Setiap hari olahraga? Wah tidak ada waktu lah Pak … Dulu saya berfikiran seperti itu mending buat baca buku atau hal lainnya yang dianggap penting. Ternyata, persiapan untuk bugar juga penting, salah satunya olahraga setiap hari.

Alhamdulillah sudah satu semester ini tiap pagi ada waktu olahraga, setiap selesai shubuh dan baca al quran beberapa ayat, kmai membiasakan olahraga keliling kampung, tiga putaran sudah cukup untuk berkeringat. Dan badan lebih fresh, flu atau badan yang mager (malas gerak) jadi hangat dan pikiran pun seperti di install, ada rasa bahagia. Juga karena siklus tubuh pukul 5-7 adalah sesungguhnya sangat produktif menghasilkan hormon endorfin yang menjadi modal kita bekerja seharian.

Selain olahraga jangan lupa kita minum secara proporsional, bagi kaum ibu 2 liter sudah cukup, untuk kaum bapak miNimal 2,5 liter setiap hari. Itu air putih semua loh Pak Bu.

Alhamdulillah, sejak sekolah membuat program satu tahun untuk minum secara proporsional, anak-anak pun ikut sehat, sangat sedikit yang izin karena sakit-sakitan, kecuali sakit cacar kemarin sampai ada hampir setiap kelas satu orang. Karena musim dan menular. Untuk bapak ibu guru pun, keluhan yang sering pusing-pusing sudah jarang, bahkan absensi izin karena meriyang atau sakit-sakitan cukup signifikan berkurang.

Bagaimana dengan bapak ibu di sekolah?

Memang sedikit repot sih, hampir setiap hari di kelas dan kantor semua galon sellau ganti alias zoong …

Edukasi di sekolah ke guru dan siswa juga ke orangtua, diwajibkan semua siswa membawa botol minuman mandiri, juga go green, mengurangi sampah plastik.

Pola hidup sehat, olahraga cukup dan minum secukupnya sesuai kebutuhan tubuh merupakan bagian menjaga kehidupan kita lebih bermanfaat.

Bayangkan, kalau bapak ibu sakit-sakitan, apa yang akan dibagi ke anak didik, sementara ilmu bapak ibu sangat berguna?

Dan, Nabi memotivasi kita, bahwa “Sesungguhnya Allah menyukai orang yang kuat daripada yang lemah”, tentu kuat dalam perspektif luas, selain akal, ilmu, fisik juga budinya.

Selamat beraktivitas, jangan lupa olahraga!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dan satu lagi tuk bisa olahraga jangan lupa bahagia..

13 Jan
Balas

Subhanallah... Super pak semangat.

12 Jan
Balas

Assalamualaikum mas Andri, selamat beraktivitas, mengingatkan pentingnya OR, karena sudah kadung keasyikan nulis bisa lupa waktu

12 Jan
Balas

Iya Pak Syaihu dan Bu Imel hanya untuk pengingat diri, saya dulu sering sakit sering pusing alhamdulillah minum air putih wajib min 2 liter dan olahraga tiap hari bersemangat... Yuk di coba pak Syaihu dan Ibu Mel

12 Jan
Balas



search

New Post