Andy Firmansyah

Seorang Pengawas MI & RA kab. Malang Jatim...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pramuka, NKRI Harga Mati!
Deville

Pramuka, NKRI Harga Mati!

(Pembina upacara Hari jadi Pramuka ke 58 di MI MU Sepanjang Gondanglegi)

14 Agustus 2019 pkl.07.15 wib

A-‘uudzu bil-laahi minas syai-thaanir ra-jiim

Bismillâhirrahmânirrahîm

Assalamu'alaikum wr.wb.

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Sholawat & salam semoga tercurahkan kepada...Baginda rasulullah Muhammad SAW. & para keluarganya beserta para sahabatnya yang teramat sangat mulia.

Yang terhormat, Bapak kepala Madrasah...MI Mambaul Ulum...bapak Wuryanto, S.Pd.

Yang terhormat bapak ibu guru beserta staf karyawan karyawati Madrasah Ibtidaiyah MU sepanjang...

& anak-anakku sekalian yang ganteng-ganteng & cantik-cantik ini...

Alhamdulillah, gimana kabarnya anak- anak sekalian...(baiiiikkk...)

Sekali lagi, alhamdulillah piyé kabaré anak-anak...(baiiikkk...).

Untuk menyambut hari yang cerah ini, hari jadi pramuka ini...saya pingin salam pramuka.

Salam, pramuka!

'Prok prok prok, prok prok prok...prok prok prok prok prok prok prok..,!'

Lo...kalau itu mah tepuk pramuka...

Ini saya contohin ya...?

SALAM PRAMUKA!!!…

SALAM YES!, (tangan kanan mengepal)

SATU PRAMUKA!! (tangan kanan mengepal)

SATU INDONESIA!! (tangan kanan mengepal)

SATU SUARA!!… (tangan kanan mengepal)

NKRI (telapak tangan kanan menempel kedada kiri)

HARGA MATI!!!!!! (tangan kanan mengepal)

M U (Mambaul Ulum) JAYAAAA...! (tangan kanan mengepal keatas)

Bisaaa?

Siiiip!

Untuk memperingati hari yang bahagia ini, saya juga punya pantun...saya pak Andy ya...?

Mau dengarkan pantun anak- anak...? (Mauuuu...)

Buah pisang buah tomat (ajiiibbb...)

Disimpan di lumbung padi (ajiiibbb...)

Pantas tercium bau menyengat (ajiiibbb...)

Rupanya kau yang belum mandi (horeeee...'Plok plok plok plok....')

Ada yang belum mandi anak-anak...? Kok ada bau acem...?

Jangan mentang- mentang hawanya dingin ya...? Gak mau mandi...

Yang pasti anak-anak sini pastilah mandi... heuheuheuheuheu.

Pantun yang kedua. (Asyyyiiiikkk...).

Burung kakak tua hinggap di jendela (ajiiibbb...)

Lalu bertengger di atas sebuah kawat (ajiiibbb...)

Mari kita semua bertepuk pramuka (ajiiibbb...)

Agar berkurang semua lelah dan penat ('Plok plok plok plok plok...')

2 x tepuk pramuka

1x tepuk pramuka.

Tema pramuka kali adalah NKRI harga mati.

Pramuka harus menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Ada sebuah cerita tentang nyamuk & singa.

Nyamuk yang sombong....

Mau denger cerita nak? (Mauuuu...)

Di tengah hutan, hujan sudah mulai turun. Banyak air menggenang di lekukan tanah, di pohon yang telah roboh. Di sungai kecil, di bebatuan...cekukannya semua menampung air.

Disitulah merupakan tempat yang sangat disukai nyamuk.

Tidak heran bila di hutan itu banyak nyamuknya, sebab mereka berkembang biak dengan cepat... dengan cara menghisap nektar bunga & menyedot darah hewan bagi nyamuk betina (protein) untuk perkembangbiakan telornya.

Di antara sekian banyak nyamuk, ada satu nyamuk yang pemberani tetapi sombong.

Ia sering merendahkan nyamuk lainnya yang takut kepada hewan-hewan lain.

"Aku adalah nyamuk yang hebat! Meskipun kecil, tapi aku bisa terbang dengan lincah. Seharusnya kamu-kamu para nyamuk... mengangkatku sebagai raja, bukan malah mengangkat si singa sebagai raja hutan.

Akhirnya nyamuk menantang Singa, si raja hutan. Bila ia bisa mengalahkan Singa, pasti hewan-hewan lainnya akan menghormatinya dan menuruti apa pun perintahnya.

"Hai Singa, ayo kita berkelahi untuk membuktikan siapa yang paling kuat! Jika aku menang, maka akulah yang menjadi raja hutan!" seru Nyamuk.

Mendengar tantangan Nyamuk, Singa marah. Ia langsung menyerang Nyamuk, namun hewan kecil itu bisa menghindar dengan lincah.

Dalam satu kali gerakan cepat, Nyamuk berhasil masuk ke dalam hidung Singa.

Sang Raja Hutan berusaha melakukan segala cara untuk mengeluarkan Nyamuk, namun tidak berhasil.

Lama-kelamaan ia merasa lelah, lalu menyerah kalah.

"Hahahaha... akhirnya aku berhasil mengalahkan Singa! Mulai sekarang akulah yang menjadi raja hutan! Semua hewan harus tunduk kepadaku!" seru Nyamuk, sombong.

Ia sangat bangga dengan kemenangannya atas Singa.

Ia merayakannya dengan terbang berkeliling hutan sambil membunyikan terompet.

Nyamuk terus terbang tanpa melihat Iingkungan sekitar.

Karena kurang berhati-hati, ia menabrak sarang laba-laba.

la terjebak di dalamnya dan tidak bisa terbang ke mana-mana.

Sementara itu, laba-laba sangat senang karena berhasil mendapatkan mangsa.

Seekor nyamuk akan menjadi santapannya yang lezat.

***

Jadi pesan apa yang ingin disampaikan dari cerita barusan...?

Jangan sombong... (jawab anak-anak peserta upacara)

Yupz!

Kalau pingin mempertahankan NKRI ini... jangan pernah menjadi anak yang sombong... jangan pernah!

Sikap sombong bisa membuat kita lupa diri sehingga menjadi kurang berhati-hati.

Lebih baik kita selalu bersikap rendah hati sambil tetap berusaha untuk terus meraih prestasi tertinggi.

Ingat!

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana...tempatnya anak-anak muda berkarya.

Harus berprestasi...menghasilkan karya.

Yang main facebook...buatlah foto-foto yang bagus...fotografi.

Tulisan-tulisan yang bagus...di twitter juga...ceritakan tentang apapun yang pingin kamu ceritakan.

Yang suka main internet, bikinlah resep-resep masakan dari sana.

Suka musik...? karanglah lagu, buatlah puisi...

Buatlah film pendek taruh di IG instagram...dan lain sebagainya yang penting kreatif, inovatif jangan suka menggosip yang tidak perlu...

Jangan sok kepada yang lemah...

Jangan sombong...

Seperti fir'aun yang sombong, akhirnya akan hancur lebur...

Seperti sabda nabi,

“Sesungguhnya seutama-utamanya hasil usaha ialah hasil usahanya seorang dengan tangannya sendiri” (HR. Buchori ).

Pramuka harus terampil & giat.

Banyak banyak berkarya Praja Muda Karana, tidak hanya jadi anak yang sukanya membebek saja, gak jelas...

Dari situ, nanti NKRI akan terus jaya & akan terjaga dengan sebaik-baiknya...

Sekian,

Yu painten klelekan jendelo...

Cekap semanten piatur kulo...

Sekali lagi, salam pramuka...!

SALAM YES!, (tangan kanan mengepal)

SATU PRAMUKA!! (tangan kanan mengepal)

SATU INDONESIA!! (tangan kanan mengepal)

SATU SUARA!!… (tangan kanan mengepal)

NKRI (telapak tangan kanan menempel kedada kiri)

HARGA MATI!!!!!! (tangan kanan mengepal)

M U (Mambaul Ulum) JAYAAAA...! (tangan kanan mengepal keatas)

2 kali tepuk pramuka...

Sekali tepuk pramuka...

Wassalamualaikum wr.wb.

O, iya...

Saya ucapkan terimakasih buat para petugas upacara hari ini...para dewan guru...

Upacara hari ini berjalan dengan sangat tertib.

Kasih applause...

©Andy Firmansyah

-----------------------------------

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post