Angga martiawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingkah kita bisa berbahasa arab?

Pentingkah kita bisa berbahasa arab?

Bahasa arab adalah bahasa mayoritas bangsa timur tengah. Walaupun tak semua memakai bahasa arab. Di karena memiliki bahasa lokal masing-masing. Tapi, apakah penting untuk kita yang mayoritas muslim wajib dalam memahami dan bisa berbahasa arab?

Dan Allah Ta’ala telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an karena bahasa Arab adalah bahasa terbaik yang pernah ada. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf [12]: 2)

Ibnu Katsir rahimahullah berkata ketika menjelaskan ayat di atas,

”Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak pengungkapan makna yang dapat menenangkan jiwa. Oleh karena itu, kitab yang paling mulia ini (yaitu Al-Qur’an, pen.) diturunkan dengan bahasa yang paling mulia (yaitu bahasa Arab, pen.).”

Dalam sebuah hadist di jelaskan juga

"Cintailah bahasa arab karena tiga: karena aku berbangsa arab, Al-qur’an berbahasa arab, dan kalam ahlu al-jannah (penduduk surga) adalah bahasa arab”. Disebutkan oleh ibnu ‘asakir dalam terjemah zahir ibn Muhammad ibn ya’qub.

Dari dalil dalil di atas sudah sangat jelas, bahwa kita sebagai seorang muslim itu wajib mempelajari bahasa arab. Bukan hanya sekadar tahu bahasa arab. Bukan hanya sekadar ingin tahu dan setelah itu pergi tidak memahami lebih lanjut dalam berbahasa arab.

Semoga kita menjadi salah satu umat nabi yang di cintai karena bisa memahami bahasa arab. Wallahu A'lam Bishawab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sungguh penting Bahasa Arab untuk dipelajari. Semoga dimudahkan. Amin.

10 Aug
Balas

betul pak. sangatlah penting untuk kita mempelajari bahasa arab. barakallah pak.

11 Aug



search

New Post