Angga Rovita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

SECANGKIR MATEMATIKA

Untuk apa belajar matematika…..??? pertanyaan ini tidak asing ditelinga, dan biasanya pertanyaan ini muncul karena mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang identik dengan angka dan rumus, sehingga aplikasi dalam kehidupan sehari-hari tak dapat terlihat secara eksplisit.

So What for do you learn math…????

Here are some reasons:

Pertama berpikir matematika itu sistematis, melalui urutan-urutan yang teratur dan tertentu. dengan belajar matematika, otak kita terbiasa untuk memecahkan masalah secara sistematis. Sehingga bila diterapkan dalam kehidupan nyata, kita bisa menyelesaikan setiap masalah dengan lebih mudah

Kedua berpikir matematika itu ditarik dari hal-hal yang bersifat umum. bukan dari hal-hal yang bersifat khusus. sehingga kita menjadi terhindar dengan cara berpikir menarik kesimpulan secara “kebetulan”. Misalkan kita tidak bisa menyatakan kalau “kita tidak boleh lewat jalan D pada hari Kamis malam Jumat karena jalan tersebut meminta tumbal tiap hari Kamis malam Jumat” hanya karena ada beberapa orang yang kebetulan kecelakaan dan meninggal di jalan tersebut pada hari kamis malam jumat. Kita seharusnya berpikit bahwa orang yang meninggal di jalan tersebut pada hari kamis malam jumat bukan karena tumbal. tapi harus dianalisa lagi apakah karena orang tersebut tidak hati-hati, ataukah jalan yang sudah agak rusak, atau sebab lain yang lebih rasional.

Ketiga belajar matematika melatih kita menjadi orang yang lebih teliti, cermat, dan tidak ceroboh dalam bertindak. Bukankah begitu? coba saja. masih ingatkah saat mengerjakan soal-soal matematika? kita harus memperhatikan benar-benar berapa angkanya, berapa digit nol dibelakang koma, bagaimana grafiknya, bagaimana dengan titik potongnya dan lain sebagainya. jika kita tidak cermat bisa menyebabkan akibat yang fatal. jawaban soal yang kita peroleh menjadi salah dan kadang berbeda jauh dengan jawaban yang sebenarnya.

Keempat belajar matematika juga mengajarkan kita menjadi orang yang sabar dalam menghadapi semua hal dalam hidup ini. saat kita mengerjakan soal dalam matematika yang penyelesaiannya sangat panjang dan rumit, tentu kita harus bersabar dan tidak cepat putus asa. jika ada langkah yang salah, coba untuk diteliti lagi dari awal. jangan-jangan ada angka yang salah, jangan-jangan ada perhitungan yang salah. namun, jika kemudian kita bisa mengerjakan soal tersebut, ingatkah bagaimana rasanya? rasa puas dan bangga.( tentunya jika dikerjakan sendiri, buakn hasil menyontek hehehhehe). begitulah hidup. kesabaran akan berbuah hasil yang teramat manis.

Kelima yang tidak kalah pentingnya, sebenarnya banyak penerapan matematika dalam kehidupan nyata. tentunya dalam dunia ini, menghitung uang butuh matematika,menjadi pedagang butuh matematika ( jangan sampai uang kembalian yang kita kembalikan kepada pembeli salah seperti yang pernah terjadi beli bubur harganya Rp.12.500,- uangnya Rp.50.000,- dikembalikan Rp.44.500 saat ditanya tidak ada diskon untung pembeli jujur dan bisa matematika pula akhirnya dikembalikan sesuai dengan perhitungannya, hayoo berapa kembalinya????), membuat anggaran dalam suatu kegiatan, keuntungan dan kerugian dalam penjualan, masalah pemasaran barang,zakat, dalam teknik, bahkan hampir semua ilmu di dunia ini pasti menyentuh yang namanya matematika.

Dan masih banyak lagi alasan-alasan dari pentingnya belajar matematika tidak cukup jika hanya dituliskan dengan kata-kata…so, let’s learn math…!!!!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sip Bu. Saya sepakat banget.

09 Jun
Balas

Terima kasih

12 Jun
Balas



search

New Post