Mardianis

Saya Anies Piliang dari Paninjauan Solok. Merantau ke Bogor. Alhamdulillah, sudah 30 tahun mengadu nasib di Kota Hujan. Saat ini saya bertugas di SMPN 13 Kota B...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kurikulum Merdeka Berubah ( Tagur 169)

Kurikulum Merdeka Berubah

Ganti menteri ganti kurikulum. Begitulah pembicaraan yang sering terdengar di masyarakat. Kadang memang membingungkan, khususnya bagi para pelaksana pendidikan. Kurikulum yang satu belum dipahami sepenuhnya, sudah berganti lagi dengan yang baru. Entah itu hanya berganti nama atau istilah, intinya membingungkan.

Selama pandemi berlaku kurikulum darurat. Kurikulum yang disederhanakan. Insyaallah tahun ajaran baru yang akan datang sekolah kami akan menggunakan kurikulum berubah. Maksudnya begini, kelas tujuh menggunakan kurikulum merdeka sedangkan kelas 8 dan 9 menggunakan kurikulum 2013.

Waktu kurikulum 2013 diberlakukan prosesnya sama persis. Kelas 7 menggunakan kurikulum 2013 sedangkan kelas 8 dan 9 masih kurikulum 2006.

Kurikulum merdeka disebut juga kurikulum pemulihan, pascapandemi. Katanya lebih sederhana. Tetapi pemahaman saya masih samar-samar. Banyak yang berubah dan bahkan ada yang dihilangkan. Seperti penjurusan di SMA tidak ada lagi kelas IPA dan IPS. Jumlah jam beberapa mapel juga berkurang.

Nah, pada hari Kamis, 16 Juni 2022, sekolah kami mengadakan IHT mengenai kurikulum merdeka. Sebenarnya waktunya kurang tepat karena perhatian para guru terbagi. Para guru sibuk mengolah nilai dan input nilai di erapor. Agenda sekolah padat. Kapan lagi?

Semoga seiring berjalannya waktu kami bisa memahami lebih dalam dan lebih siap menerapkan kurikulum merdeka berubah.

Cimanengah, 18 Juni 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ganti menteri ganti kurikulum, akan tetapi kita harus mengikutinya. Sukses selalu Bu Mardianis.

18 Jun
Balas



search

New Post