Ani Khaerani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BULAN PUASA TETAP 8

BULAN PUASA TETAP 8

BULAN PUASA, TETAP 8!!

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (Al-Baqarah Ayat 183)

Pengertian puasa Ramadhan menurut syariat Islam adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk, maupun dari yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu.

Berpuasa adalah salah satu cara untuk melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun proses detoksifikasi ini tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat selama puasa. Itu sebabnya asupan makanan saat sahur dan berbuka serta kebiasaan yang dilakukan selama puasa sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan agar kita tetap sehat dan fit saat puasa.

Salah satu cara agar tubuh tetap fit adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan, karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Selama bulan puasa beberapa orang justru kurang perhatian terhadap pemenuhan cairan tubuh.

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi saat berpuasa dapat menimbulkan beberapa gejala fisik, seperti bibir dan kulit kering, nyeri sendi, mudah lesu, gangguan pencernaan, pusing, bahkan dapat menyebabkan penuaan dini.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi serius ketika berpuasa, pastikan kita tetap minum delapan gelas air dalam sehari. Berikut ini cara agar terhindar dehidrasi di bulan puasa.

1 gelas setelah bangun tidur

1 gelas setelah sahur

1 gelas setelah adzan Maghrib

1 gelas setelah sholat Maghrib

1 gelas setelah makan

1 gelas setelah shalat Isya

1 gelas setelah shalat Tarawih

1 gelas sebelum tidur

(Sumber: ruang guru)

Asupan air putih yang cukup memiliki banyak manfaat diantaranya dapat menurunkan berat badan, kinerja otak meningkat, mencegah nyeri sendi, meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, memperbaiki sistem pencernaan, membersihkan tubuh, membantu menjaga tekanan darah, mencegah dehidrasi, membantu penyerapan mineral dan nutrisi, bahkan mencegah kerusakan ginjal.

Nah, demikianlah manfaat minum cukup air putih di bulan puasa dan waktu-waktu mengonsumsinya.

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Aamiin..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post