Anik Zahra

Anik Zahra adalah nama pena dari NI'MATUZ ZAHROH. Ia adalah seorang guru Bahasa Inggris di MTsN 5 Jombang, seorang ibu dari tiga orang anak, dan penyuka mu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Empat Hal yang Dirindukan Surga

Empat Hal yang Dirindukan Surga

Alhamdulillah, hari ini kita telah memasuki hari ke 27 Ramadan. Bersyukur sekali selama 27 hari diberi kesehatan, sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. Semoga puasa kita bisa tuntas hingga hari yang fitri tiba. Surga menjadi suatu hal yang didamba-dambakan oleh setiap manusia di muka bumi ini. Sebagaimana kita tahu bahwa surga sebagai tempat kehidupan abadi di akhirat nanti. Uniknya, bukan hanya kita yang bisa merindukan surga, melainkan sebaliknya, surga juga bisa merindukan kita.

MasyaAlloh Tabarakalloh.

Dari golongan ini, salah satunya adalah orang-orang yang gemar memberi makan orang yang lapar. Seperti dalam hadist berikut ini:

“Surga merindukan empat golongan; Orang yang membaca Al-Quran, Menjaga lisan (Ucapan), Memberi makan orang lapar, Puasa di bulan Ramadan.”

(HR. Abu Daud dan Tirmizi dari Ibnu Hasan).

.

Bisa kita cermati, bahwa empat orang yang dirindukan surga adalah:

Pertama adalah orang yang membaca Al-Qur’an. Tentu saja cakupan membaca Al-Qur’an ini termasuk mengerti maknanya dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, mereka yang menjaga lisan. Apa yang dimaksud menjaga lisan? Yaitu tidak berkata kasar, tidak menghina dan mencela orang lain, dan saat marah tetap menjaga diri dari mengatakan hal-hal yang buruk.

Ketiga adalah orang yang gemar memberi makan pada orang-orang yang lapar atau membutuhkan. Merekalah orang-orang yang rajin bersedekah. Mereka sangat ringan tangan kepada semua manusia, lebih-lebih kepada yang kekurangan.

Dan keempat adalah orang yang berpuasa pada bulan ramadan. Tentu tidak sembarang puasa, tetapi puasa yang tidak sekadar menghilangkan lapar dan dahaga, akan tetapi juga menahan diri dari melakukan kemaksiatan sekecil apapun.

Amalan agar dirindukan oleh surga ini ternyata bisa dilakukan semua orang, bahkan kita mungkin sudah biasa melakukannya. Misalnya berkaitan dengan amal memberi makan pada orang lapar.

Mari kita tinggkatkan terus ibadah kita kepada Allah Ta’ala. Semoga pandemi covid ini segera berlalu. Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Selalu dalam lindungan dan rahmat Allah Subhanahu wata’ala. Menjadi hamba yang Bahagia, membahagiakan orang lain dan senantiasa bersyukur. Semoga Alloh Ta’ala mengampuni dosa dan kesalahan kita. Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat. Amin.

.

Jombang, 9 Mei 2021 / 27 Ramadan 1442 H.

__________

#TantanganGurusiana

#Tantangan_365HariMenulis

#Tantangan_Hari_Ke21

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post