Anis Afifah

Kesuksesan bukanlah suatu kebetulan, itu adalah hasil dari suatu kerja keras, ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan cinta...

Selengkapnya
Navigasi Web

CTS

Tantangan menulis gurusiana hari ke-12

CTS

Pernahkah teman-teman mengalami kesemutan, kebas atau mati rasa pada jari-jari tangan ? Jika pernah mengalami hal tersebut, hati-hati dan jangan dibiarkan. Mungkin Anda terkena penyakit Sindrom lorong karpal atau dalam bahas Inggris disebut Carpal Tunnel Syndrom CTS). Apa sih Sindrom lorong karpal atau CTS itu ? Carpal Tunnel Syndrom ( CTS) adalah kondisi yang membuat tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, nyeri atau lemah. Sindrom ini terjadu ketika saraf di dalam pergelangan tangan terhimpit atau tertekan. Lorong karpal adalah lorong sempit di dalam pergelangan tangan yang dibentuk oleh tulang pergelangan tangan ( karpal) dan jaringan penghubung antar tulang ( ligamen). Di dalam lorong karpal ini terdapat saraf median yang berfungsi untuk mengendalikan otot jari tangan dan menerima rangsangan dari kulit di daerah tangan. Carpal tunnel syndrom terjadi saat lorong karpal mengalami penyempitan akibat jaringan yang mengelilinginya membengkak sehingga menekan saraf median. Penekanan saraf ini juga bisa terjadi karena keretakan tulang pergelangan tangan . Selain keluhan di atas, Carpal tunnel syndrom dapat menimbulkan gejala kelemahan pada otot tangan. Gejala-gejala tersebut dapat ditimbulkan akibat tangan digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat, kegiatan yang berulang-ulang, atau pekerjaan yang menggunakan alat yang bergetar.

Gejala-gejala tersebut harus dikonsultasikan dengan dokter. Ketika disampaikan semua keluhan dan gejala-gejalanya dokter akan memberikan obat penghilang nyeri, vitamin otot, dan obat yang berhubungan dengan saraf. Selain itu dokter akan menganjurkan pasien melakukan terapi untuk mempercepat penyembuhan. Jika upaya tersebut belum membuahkan hasil maka dokter akan menyarankan penggunaan penyangga pada pergelangan tangan ( wrist support).

*sekedar berbagi

*diambil dari berbagai sumber

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Nuhun bun informasi yang tepat

11 Jun
Balas

Sami2 bun...trm kasih sdh mampir

11 Jun

Mantap artikelnya....makasih ilmunya bermanfaat .. Bun....

10 Jun
Balas

Terima kasih bun...Sama2 semoga bermanfaat

10 Jun



search

New Post