Anis akromiyah

seorang guru di sekolah negeri kayangan yang pengen sekali mengubah kayangan yang hanya penuh imaginasi dengan sekolah real yang penuh dengan semangat kerja men...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBELAJARAN KD 3.5/4.5 KELAS 7 KURTILAS

PEMBELAJARAN KD 3.5/4.5 KELAS 7 KURTILAS

Pagi ini kelas 7B belajar tentang KD 3.5 dan 4.5. Isi kompetensi dasar ini tentang mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.

Guru menyampaikan kepada siswa bahwa pagi ini kita akan mempelajari tentang sifat benda.

Dalam tahap observing, siswa diminta untuk mengamati sebuah benda yaitu handphone. Kemudian siswa diminta untuk menyebutkan sifat dari benda tersebut. Guru merangsang dengan sebuah contoh “It is beautiful”. Kemudian beberapa siswa menyebutkan dan menuliskannya di papan tulis. Laura: “it is hard”. Anies: “it is expensive”. Dicky: “it is colourfull”. Defina: “it is small”.

Guru mengajak siswa untuk listen and repeat (mendengar dan menirukan) beberapa kalimat yang tertulis dipapan tulis.

Di tahap collecting information, guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4 siswa. Guru memberi 5 gambar benda-benda (shoes, flowers, doll, car, and books). Setiap kelompok di minta untuk mendeskripsikan gambar tersebut dengan mengunakan kata sifat. Setelah 10 menit setiap kelompok dengan diwakili satu anggota kelompok membacakan hasil kelompok dan guru memberi masukan.

Tahap associating, masih dalam kelompok guru memberi worksheet yang isinya satu pertanyaan yaitu “What does your classroom look like?”. Setiap kelompok diminta untuk mendeskripsikan ruang kelas dengan minimal 5 kalimat. Contoh : “It is my classroom. It is clean. It is beautiful. It is wide. It is comfortable”. Setelah 10 menit, setiap kelompok menukar lembar hasil diskusi dengan kelompok lain untuk di cek dan hasilnya dikumpulkan ke guru.

Selanjutnya tahap communicating, dalam tahap ini guru meminta setiap kelompok untuk mencari 5 benda yang ada di dalam ruang kelas dan mendiskripsikan sesuai dengan sifat benda tersebut. Kemudian hasil dari diskusi di komunikasikan atau dibacakan didepan kelas.

Terakhir pertemuan ditutup dengan kesimpulan oleh guru dan siswa , ” Ok, jadi pagi ini kita telah memelajari sifat dari benda – benda. Dalam bahasa Inggris kata sifat di sebut dengan “adjective” atau kata sifat. Sekarang ada tugas untuk dikerjakan secara induvidu di buku tugas masing – masing. Tuliskan 10 benda yang ada dirumah dan desckripsikan sifatnya.

Guru mengakhiri dengan salam.

Selesai sudah pembelajaran KD 3.5 dan KD 4.5 kelas 7B, dari pembelajaran tersebut didapatkan nilai pengetahuan yang berupa tugas kelompok dalam tahap associating, nilai ketrampilan dalam tahap communicating, dan nilai sikap dalam menjalankan diskusi kelompok.

Semoga cerita pembelajaran ini bermanfaat untuk para bapak ibu guru bahasa Inggris, khususnya kelas 7 kurikulum 2013.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses Bu Anis, mantap.

09 Jan
Balas

Thanks bunda Nur ....semoga manfaat

09 Jan
Balas



search

New Post