Anis R

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
AKSI NYATA MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

AKSI NYATA MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Latar Belakang

Menurut Ki Hadjar Dewantara tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginya, baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Sebagai seorang guru kita meyakini bahwa murid adalah individu yang unik. Kebutuhan belajar tiap murid berbeda, baik dari segi kesiapan belajar, minat, dan gaya belajarnya. Oleh karena itu, pelayanan yang diberikan juga harus menyesuaikan kebutuhan tersebut agar tidak ada kesenjangan belajar (learning gap). Tugas guru adalah menyediakan lingkungan belajar yang sesuai bagi setiap murid agar mereka bisa bertumbuh kembang secara maksimal sesuai kodratnya dan memastikan dalam prosesnya murid- murid merasa selamat dan bahagia. Dan pada akhirnya pembelajaran akan berjalan dengan optimal.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran murid di kelas sesuai kebutuhan belajar mereka. Mengidentifikasi kebutuhan murid sangat penting karena kita bisa menyesuaikan pembelajaran dengan tepat sehingga murid kita sukses dalam proses belajarnya.

Tujuan Aksi Nyata

1. Mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi dengan memerhatikan kebutuhan belajar murid.

2. Mewujudkan strategi pembelajaran berdiferensiasi sesuai kesiapan belajar, minat, dan gaya belajar murid.

3. Mewujudkan murid berkarakter sesuai profil pelajar Pancasila.

Tolok Ukur

1. Menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk.

2. Melakukan penilaian sesuai kriteria penilaian formatif dan sumatif

Tindakan yang dilakukan

1. Menyusun RPP berdiferensiasi sesuai pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan KI dan KD

2. Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas

3. Melaksanakan penilaian pembelajaran berdiferensiasi

4. Melaksanakan refleksi penerapan pembelajaran berdiferensiasi

Dukungan yang dibutuhkan

1. Kepala sekolah sebagai penanggung jawab setiap kegiatan di sekolah.

2. Rekan sejawat yang memberikan umpan balik atas penerapan pembelajaran berdiferensiasi.

3. Murid sebagai pelaku utama dalam aksi nyata ini.

4. Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung penerapan pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran dari Aksi Nyata

Pembelajaran yang saya dapat setelah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah rasa senang. Meskipun pada awalnya ada beberapa tantangan, tetapi pembelajaran berdiferensiasi patut diterapkan. Berdasarkan pengamatan saat aksi nyata murid- murid terlihat antusias mengenal potensi, kekuatan, dan kemampuan diri mereka. Mereka mendapat peluang untuk memikirkan cara- cara terbaik mereka dalam belajar dan meningkatkan kualitas belajarnya.

Rencana ke depan saya adalah akan lebih sering berkolaborasi dengan rekan guru untuk memberikan saran dan umpan balik untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi selanjutnya. Selain itu Kerja sama antar kepala sekolah, rekan sejawat, murid, wali murid, dan komite sekolah untuk mendukung memajukan setiap kegiatan pembelajaran peserta didik dan tujuan pendidikan dapat tercapai.

Langkah Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berdiferensiasi

1. Memetakan kebutuhan belajar murid dengan interviu pada murid.

2. Kuesioner bagi guru dan wali kelas untuk memetakan kebutuhan belajar murid

Dokumentasi Alur Aksi Nyata

1. Melakukan diskusi dengan pihak sekolah, kepala sekolah dan rekan guru.

2. Menyiapkan RPP berdiferensiasi sesuai pemetaan kebutuhan belajar siswa.

3. Menyiapkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

4. Melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi sesuai RPP.

Penutup

Pembelajaran berdiferensiasi sepatutnya dilaksanakan secara konsisten agar murid kita berkembang dan bertumbuh sesuai kodrat alam dan zamannya. Diperlukan kerja sama semua pihak agar pembelajaran berdiferensiasi berjalan dengan baik dan maksimal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren, terus berkarya

02 Nov
Balas

Terimakasih bu atas pemaparannya mohon izin untuk di ATM kan ..

31 Oct
Balas



search

New Post