Anis R

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
AKSI NYATA MODUL 3.1

AKSI NYATA MODUL 3.1

Praktik proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan di sekolah.

Kasus yang saya hadapi:

Pada saat rapat kenaikan kelas, kepala sekolah mengimbau kepada para guru untuk memberikan nilai rapor yang lebih baik dari semester lalu. Hal ini bertujuan mempermudah siswa untuk SNBP(Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Selanjutnya saya mulai mengidentifikasi nilai- nilai siswa yang ternyata lebih rendah dari tahun sebelum- sebelumnya. Menghadapi situasi ini membuat saya dilemma etika, apakah menaikkan nilai siswa saya atau tidak.

Paradigma: Keadilan vs Kesetiaan

Saya ingin bersikap adil dengan memberikan nilai sesuai kemampuan siswa saya, tetapi saya juga kasihan jika mata pelajaran saya menjadi penghalang mereka untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui nilai rapor dan prestasi akademik maupun non-akademik.

Prinsip: Care-based-thinking

Karena menurut saya kasus ini melibatkan banyak rasa simpati dan empati.

Langkah dalam pengambilan dan pengujian keputusan:

1. Nilai-nilai yang saling bertentangan : kejujuran, keadilan, dan kemanusiaan

2. Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut: siswa, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah

3. Mengumpulkan fakta- fakta yang relevan dengan situasi tersebut:

· Terjadi penurunan nilai secara klasikal disbanding tahun- tahun sebelumnya.

· Kepala sekolah mengimbau untuk menaikkan nilai dari semester sebelumnya.

4. Pengujian benar-salah

· Uji legal : tidak ada pelanggaran hukum

· Uji regulasi : ada pelanggaran kode etik

· Uji intuisi : adanya standar tertentu dalam SNBP yang mengakibatkan penyesuaian nilai rapor terhadap kriteria tersebut.

· Uji publikasi : menimbulkan kegaduhan jika diketahui banyak orang.

· Uji panutan : memberikan remidi dan pengayaan sebagai prasyarat nilai rapor naik.

5. Pengujian paradigma benar-benar: Rasa keadilan vs Rasa kasihan

Benar jika saya memberi nilai sesuai kemampuan murid, dan benar jika saya kasihan jika nilai mata pelajaran lain sesuai sedangkan mata pelajaran saya menurun sehingga menghambat siswa yang mau mengikuti SNBP.

6. Prinsip resolusi : Berpikir berbasis rasa peduli/ care-based-thinking

7. Investigasi opsi trilema : Memberikan remidi dan pengayaan

8. Buat keputusan : Menaikkan nilai siswa dengan syarat mengikuti remidi dan pengayaan.

9. Lihat lagi keputusan dan refleksikan: Setelah melihat keputusan yang saya buat, saya yakin guru- guru lain juga akan melakukan hal yang sama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post