Anis R

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Eksplorasi Konsep - Modul 3.2

Eksplorasi Konsep - Modul 3.2

1. Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?

Factor- factor biotik yang ada dalam ekosistem sekolah meliputi: murid, kepala sekolah, guru, staf/tenaga kependidikan, pengawas sekolah, orang tua, masyarakat sekitar sekolah, dinas terkait, dan pemerintah daerah.

Factor- factor abiotic yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran meliputi: keuangan, sarana dan prasarana, serta lingkungan alam.

2. Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?

Kepala sekolah sebagai pemimpin dan pembuat keputusan di sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam mengelola ekosistem sekolah. Kepala sekolah harus mampu memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis asset.

3. Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?

Kepala sekolah selain mempunyai kemampuan membuat keputusan juga harus mempunyai kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan sumberdaya yang ada di sekolah secara efektif dan efisien.

4. Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?

Kepala sekolah bisa menggunakan pendekatan berbasis asset yang berfokus pada potensi aset/sumber daya yang dimiliki oleh sebuah komunitas, memberdayakan aset yang dimilikinya, serta membangun keterkaitan dari aset-aset tersebut agar menjadi lebih berdaya guna.

5. Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini? Jelaskan!

Jika sekolah memanfaatkan sumber daya dengan maksimal maka akan sangat berdampak besar pada proses pembelajaran murid. Karena karakter dari komunitas yang sehat dan tangguh adalah menghargai keragaman, menumbuhkan komitmen yang baik, membangun koneksi dan kolaborasi, mendampingi murid mengenal potensi diri untuk dikembangkan yang dapat membentuk masa depannya.

6. Sejauh mana sumber daya sekolah yang kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas pembelajaran di sekolah? Jelaskan!

Pada hakikatnya kita sudah mengelola dan memanfaatkan sumber daya sekolah yang ada, namun kadang belum diterapkan secara maksimal dan konsisten.

7. Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid?

Alternatif yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada adalah partisipasi aktif warga sekolah yang menghargai keberagaman, memperkuat komitmen warga sekolah untuk saling bergotongroyong, membangun koneksi dan kolaborasi yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran murid.

8. Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?

Sekolah saya berbasis pesantren jadi murid yang belajar di sekolah sambil mondok bisa mendapatkan ilmu umum dan ilmu agama. Mereka juga bisa belajar untuk hidup mandiri dan bersosialisasi dengan lingkungan baru yang berbeda dengan lingkungan di rumahnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bun

03 May
Balas

Terima kasih pencerahan nya Bu ..luar biasa

15 Feb
Balas



search

New Post