Anis R

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Model 4C

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Model 4C

Connection

Terdapat keterkaitan antara peran saya sebagai guru penggerak dan materi pada modul 1.3. keterkaitan tersebut adalah saya harus terus berlatih mengelola diri sambil berupaya menggerakkan orang lain yang berada dalam lingkaran pengaruh saya untuk menjalani proses perubahan yang lebih baik.

Challenge

Dalam upaya mewujudkan sekolah impian dan melakukan proses perubahan, diperlukan partisipasi semua warga sekolah, waktu, dan bersifat bertahap. Hal- hal tersebut merupakan tantangan bagi saya. Untuk melakukan proses perubahan dibutuhkan orang- orang mau berinovasi dan terbuka dengan perubahan zaman, karena pendidikan harus sesuai dengan kodrat alam dan zaman.

Concept

“Perubahan di sekolah dapat diinisiasi oleh pihak luar, tetapi perubahan yang paling penting dan berkesinambungan akan datang dari dalam.” -Roland Barth, “Improving schools from within” (1990)

Pada modul 1.3 ini saya mempelajari tentang pendekatan inkuiri apresiatif, yaitu pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif, berbasis kekuatan, dan positif. Model yang digunakan dari pendekatan inkuiri apresiatif ini adalah Prakarsa perubahan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi). Model BAGJA adalah ilmu baru yang saya dapatkan setelah mengikuti program guru penggerak ini. Biasanya upaya penyusunan visi diawali dengan permasalahan di sekolah yang kadang menurunkan motivasi untuk melakukan perubahan. Sedangkan pada tahapan BAGJA kita diajak mengidentifikasi hal baik yang ada di sekolah, mencari cara agar hal baik tersebut bisa dipertahankan, dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik.

Change

Perubahan dalam diri saya setelah mempelajari materi visi guru penggerak ini adalah tercerahkan. Saya tercerahkan dengan pengetahuan baru yaitu pendekatan inkuir apresiatif dengan model BAGJA. Untuk kedepannya saya akan berusaha untuk menerapkan model BAGJA dalam upaya peningkatan atau pengembangan visi pembelajaran di sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post