Anis Shofatun

Seorang guru sains di SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik Jawa Timur. Selama ini menyukai jelajah alam dan membaca buku-buku motivasi. Saat ini ingin belajar dan ber...

Selengkapnya
Navigasi Web
Improvisasu Belajar Daring

Improvisasu Belajar Daring

Improvisasi Belajar Daring

Oleh Anis Shofatun

Situasi pandemi Covid 19 ini banyak mengubah sendi-sendi kehidupan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Hal inipun memberikan dampak baik berupa ancaman, peluang ataupun tantangan baru dari berbagai sektor kesehatan, ekonomi, sosial dan pendidikan serta bidang lainnya.

Saat ini pembelajaran daring menjadi suatu keniscayaan sebagai salah satu upaya pengendalian Covid 19 agar tidak semakin menyebar dan menelan korban jiwa yang lebih besar. Aktivitas rutin pembelajaran tatap muka, pembimbingan akademik, pembelajaran luar kelas, pertemuan formal dan informal berbasis komunitas langsung sudah begitu sangat dirindukan.

Sementara masyarakat dan pelajar terdampak diranah pendidikan juga masih menunjukkan kesenjangan. Banyak diantara mereka belum bisa memperoleh hak dan tanggungjawab belajar dan mengajar karena keterbatasan jaringan internet dan keterampilan digital.

Maka situasi ini perlu direspon dengan positif karena dengan pikiran yang positif justru akan menggiring lesan dan perilaku kita menjadi positif. Belajar daring saat ini butuh terus diimprovisasi agar menjadi lebih menarik dan membosankan. Bahkan memiliki peluang dengan meunculkan berbagai kelas keterampilan buat siswa kita.

Kita tidak mungkin terus meratapi keadaan tapi mengubah keadaan ini dengan memberikan solusi terbaiknya. Saatnya kita memberikan sikap yang lebih bijak dan kaya makna melalui pembelajaran daring apalagi taruhanya bukan hanya diri sendiri tapi nyawa orang lain dan kegagahan negara tercinta kita NKRI.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post