Anis Shofatun

Seorang guru sains di SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik Jawa Timur. Selama ini menyukai jelajah alam dan membaca buku-buku motivasi. Saat ini ingin belajar dan ber...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tanaman Nangka

Tanamam nangka

Oleh Anis Shofatun

Senang rasanya, di musim pandemi ini pohon nangka tetap semangat berbuah. Mulai bermunculan dari banyak titik ketiak ranting, cabang batang Efek. Beragam ukuranya, mulai sejempol, seukuran buah sawo, sebola lasti hibgga sebola basket. Tapi kecenderungan bentuk lonjong. Sudah tak sabar memanennya. Biasanya sekali panen sekitar 15-25 buah dalam satu pohon.

Tanaman nangka tergolong dikotil. Ukuran bijinya kecil biasanya licin dan berkeping dua makanya diklasifikasikan dalam tumbuhan dikotil. Sementara buahnya berukuran besar dan beragam. Tapi yang di depan rumah memiliki ukuran yang relatif kecil berdiameter sekitar 30 cm tapi memiliki rasa yang menggigit. Buahnya juga padat dan seratnya banyak. Sehingga khasiatnya banyak mengandung zat-zat yang berguna untuk keaehatan tubuh.

Buah pada Tanaman dengan nama latin Arthocarpus heteropillus ini tergolong buah majemuk semu. Buah ini memnag emiliki banyak getah sehingga harus agak berhati-hati bila memanenya.

Buah nangka ini kaya akan nutrien diantarnya vitamin A, B6, B12, kalsium, Zat besi, niasin dan ribovlavin. Kandungan aeratnya melimpah dan rendah kalori. Konon katanya kaya akan serat yang rendah kalori. Waah ini bagus buat kesehatan jantung kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post