Anita Barkah

Bertugas sebagai Kepala Sekolah di SDN Bakom Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur pada tanggal 02 Juli 1973. Bertugas sebagai guru selam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bantuan yang Dinanti
Dok. Pribadi

Bantuan yang Dinanti

Bantuan yang Dinanti

Gedung aula SDN Ibu Jenab I pada hari Jumat, 16 Juni 2023 dipenuhi oleh para kepala sekolah dari tingkat SD se Kabupaten Cianjur yang akan mendapat bantuan berbagai pembangunan sarana prasarana sekolah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kabupaten Cianjur. Kegiatan hari ini merupakan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi mengenai bantuan tersebut yang dananya bersumber dari DAU, DBH, dan Pokir tahun anggaran 2023.

Dana Alokasi Umum (DAU), adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antar-Daerah untuk mendanai kebutuhan Daerah dalam rangka pelaksanaan Desentralisasi.

Dana Bagi Hasil (DBH), adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada Daerah berdasarkan angka persentase untuk mendanai kebutuhan Daerah dalam rangka pelaksanaan Desentralisasi.

Pokir atau Pokok-Pokok Pikiran Anggota DPRD merupakan aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota Dewan agar diperjuangkan di pembahasan RAPBD.

Itulah tiga sumber utama dana bantuan fisik yang akan dilakasanakan pada tahun 2023 ini. Tercatat sebanyak 71 sekolah dasar di Kabupaten Cianjur yang mendapat bantuan dari ketiga jenis dana di atas. Bantuannya beraneka ragam sesuai kebutuhan, diantaranya rehab kelas, rehab WC, dan pemagaran halaman sekolah yang pelaksanaan pembangunannya dilaksanakan oleh pihak ketiga yaitu CV-CV yang lolos tender sebanyak 25 CV.

Pada kegiatan bimtek kali ini para kepala sekolah penerima bantuan dipertemukan dengan penanggung jawab dari CV masing-masing penerima perintah kerja sebagai pelaksana pembangunan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir segala permasalahan yang sering terjadi ketika pelaksana diserahkan pada pihak ketiga/CV.

Dalam sambutannya, Bapak Kadisdikpora menekankan kepada para perwakilan CV supaya mengutamakan kualitas bangunan yang dibuatnya. Ada sangsi yang cukup berat bagi CV yang bermasalah dalam melaksanakan tugasnya yaitu dicoret dari daftar pelaksana pembangunan untuk tahun berikutnya. Demikian juga kepada para kepala sekolah beliau mengingatkan untuk selalu memelihara segala sarpras yang ada di sekolah. Kerusakan-kerusakan ringan merupakan tanggung jawab sekolah untuk memperbaikinya dan dapat menggunakan dana BOS sebagai sumber dananya.

Bapak kabid SD menambahkan bahwa sekolah merupakan tempat tugas para kepala sekolah, sudah seharusnya mensyukuri apapun jenis bantuan yang didapatkan dan memeliharanya , agar mendapat keberkahan dalam melaksanakan tugasnya.

Sesi akhir bimtek dimanfaatkan untuk perkenalan para kepala sekolah dengan CV sebagai pelaksana. Semua jenis bantuan fisik ini harus segera dilaksanakan selama 90 (sembilan puluh) hari kerja sampai bulan September 2023.

Sekolah kami SDN Bakom, mendapatkan bantuan pemagaran halaman, allhamdulillah, selama ini kami sangat membutuhkan bantuan ini,karena segi keamanan sekolah kurang maksimal tanpa pagar yang memadai. Bahkan 25% pemagaran sudah kami mulai sejak tahun 2022 dengan bantuan donasi dari para orang tua siswa.

Dengan adanya bantuan pemagaran ini program yang kami rencanakan dalam pengembangan sekolah aspek penataan lingkungan akan terwujud lebih cepat, dan keamanan sekitar sekolah pun Insya Allah lebih terjaga. Semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar dan pihak CV pelaksana pembangunan dapat menjalankan tugasnya dengan amanah sehingga hasilnya maksimal sesuai harapan. Aamiin.

Sukaresmi, 17 Juni 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post