Anita Barkah

Bertugas sebagai Kepala Sekolah di SDN Bakom Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur pada tanggal 02 Juli 1973. Bertugas sebagai guru selam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rakortek Program Sekolah Penggerak Kabupaten Cianjur

Rakortek Program Sekolah Penggerak Kabupaten Cianjur

#1

Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Program Pendidikan Sekolah Penggerak Wilayah Kabupaten Cianjur dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Mei 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, bertempat di Hotel Palace Cipanas.

Rakortek ini merupakan kegiatan tatap muka pertama para kepala sekolah yang telah lulus mengikuti seleksi Program Sekolah Penggerak (PSP) yang dilaksanakan oleh Kemendikbud. Seleksi yang terdiri dari dua tahap dilaksanakan secara daring. Seleksi tahap satu terdiri dari : Pendaftaran, Pengisian Biodata (CV), Pengisian Essai, Unggah Dokumen dan Tes Bakat Skolastik. Seleksi tahap ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2021. Tercatat 21.000 kepala sekolah dari semua jenjang yang ikut mendaftar, dan yang menyelesaikan sampai tahap unggah dokumen hanya 14.000 peserta.

Peserta yang lulus seleksi tahap satu sejumlah 5.000 orang dan harus mengikuti seleksai tahap dua berupa simulasi mengajar dan wawancara yang dilaksanakan pada bulan April 2021.Pada tahap ini semua peserta mendapat jadwal masing-masing dan diuji oleh dua orang asesor kemendikbud selama 2 jam daring. Hasil dari seleksi tahap dua sebanyak 2.500 orang kepala sekolah dari tingkat Paud sampai SMA/SMK dinyatakan lulus dan sekolah tempatnya bertugas secara resmi oleh Mendikbudristek dinyatakan sebagai Sekolah Penggerak pada awal bulan Mei 2021.

Program Sekolah Penggerak untuk tahun pertama 2021 dilaksanakan di 34 Provinsi dan 111 Kabupaten/Kota, Cianjur salah satunya, sejumlah 52 kepala sekolah dari Kabupaten Cianjur berhasil lulus seleksi yaitu dari TK-Paud 2 sekolah, SD 24 sekolah, SMP 13 sekolah, SMA 7 sekolah, SMK 4 sekolah dan dari SLB dua sekolah.

Kegiatan Rakortek dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (PPPTK TK dan PLB) Kemendikbudristek. Hadir dalam kegiatan ini selain 52 kepala sekolah juga para pemangku kepentingan dari jajaran LPMP Jabar dan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar serta Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur.

Agenda Rakortek ini terdiri dari Paparan Disain dan Implementasi Program Sekolah Penggerak serta Penyusunan Komite Pembelajaran.

Dalam Paparan Disain dan Implementasi PSP tim P4TK TK dan PLB menjelaskan secara detil apa dan bagaimana PSP ini dilaksanakan, inti materinya adalah

- Visi Pendidikan Indonesia

- Gambaran Akhir Sekolah Penggerak Secara Umum

- Lima Intervensi dalam Program Sekolah Penggerak

- Manfaat untuk Sekolah

- Perjalanan Menjadi Pelaksana Program Sekolah Penggerak

- Agenda Kegiatan (Pelatihan dan Pendampingan serta penjelasan teknisnya)

Beberapa kali peserta Rakortek memberikan applause mendengar hal-hal yang positif yang akan sekolah rasakan/terima sebagai imbas menjadi pelaksana Program Sekolah Penggerak.

Agenda kegiatan selanjutnya yang terdekat adalah Pelatihan Komite Pembelajaran, yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 24 Mei – 3 Juni 2021, diundur waktunya karena bersamaan dengan kegiatan ujian sekolah (US) bagi siswa SD dan SMA, untuk itu tim pelatihan akan berkoordinasi kembali untuk menentukan jadwal penggantinya.

Kegiatan Rakortek diakhiri dengan penyusunan Komite Pembelajaran dari masing-masing sekolah penggerak. Kegiatan Rakortek ini menurut jadwal akan dilaksanakan satu bulan sekali. Semoga kami sebagai Kepala Sekolah yang akan melaksanakan Program Sekolah Penggerak ini yang kegiatan awalnya bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei ) dapat semangat untuk membangkitkan dunia pendidikan di Indonesia melalui amanah PSP ini dengan lancar serta mencapai tujuan yang diharapkan. Aamiin.

Sukaresmi, 20 Mei 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin, terima kasih Bapak motivasinya.Salam literasi!...

21 May
Balas

Sukses selalu, Bunda. Salam literasi

21 May
Balas



search

New Post