Anita Barkah

Bertugas sebagai Kepala Sekolah di SDN Bakom Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur pada tanggal 02 Juli 1973. Bertugas sebagai guru selam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Seperti Mimpi
Dok. Pribadi

Seperti Mimpi

SEPERTI MIMPI

#1

Bermula dari obrolan saya dengan Bunda Nuraeni, Pengawas SMP Disdikpora kabupaten Cianjur sekaligus Instruktur Nasional MediaGuru Indonesia yang sudah malang melintang di dunia penulisan sejak beberapa tahun yang lalu.

“Bun…mungkin gak ya, saya mengajak rekan-rekan satu kecamatan untuk mengikuti pelatihan menulis bersama MediaGuru?” Tanyaku pada Bunda Nur, Ketika perjalanan pulang dari kegiatan Temu Nasional Guru Penulis (TNGP) di Jakarta bulan November 2022. “Bisa atuh Teh, sok aja kondisikan, pokoknya minimal peserta 100 orang MediaGuru bisa datang untuk pelatihan secara langsung.

Mengapa saya ingin sekali mengajak rekan-rekan sejawat untuk mengikuti kegiatan pelatihan menulis buku? yaitu, untuk meningkatkan minat literasi guru/kepala sekolah serta melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), sehingga diharapkan guru/kepala sekolah memiliki wawasan yang luas dan berani menuangkan ide dan gagasan melalui tulisan dan dapat dijadikan contoh bagi peserta didik terkait literasi.

Sejak saat itu saya berupaya melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan, diantaranya Koordinator Pendidikan, MKKS , maupun PGRI yang akhirnya mendapat kesepakatan bahwa MKKS SD kecamatan Sukaresmi akan melaksanakan kegiatan pelatihan menulis bekerjasama dengan pihak Disdikpora dan juga MediaGuru.

Waktu yang diambil untuk melaksanakan pelatihan ini di bulan Mei, mengingat sudah berkurangnya kegiatan-kegiatan rutin seperti lomba-lomba dan juga ujian sekolah, sehingga memungkinkan para guru mengikuti kegiatan ini.

Tidak terasa bulan Mei telah tiba, peserta yang sudah dijadwalkan ikut dari guru/KS SD sejumlah 80 orang, kuota minimal peserta yang disyaratkan pihak Media Guru 100 orang. Oleh karesna itu saya bersama Bunda Nuraeni dan juga pihak MKKS berupaya mencari tambahan peserta dari guru/KS SMP, SMA/SMK atau peserta dari kecamatan lain.

Tempat kegiatan dipilih aula SMAN I Sukaresmi, dengan pertimbangan cukup memadai jika dipakai untuk pelatihan menulis, mengingat semua peserta nantinya akan mengoperasikan laptop dibutuhkan tempat yang luas. Allhamdulillah Bapak Kepala Sekolahnya memberikan izin aulanya digunakan.

Persiapan lainnya pun mulai dilakukan, termasuk memilih penginapan untuk tim dari MediaGuru supaya dekat dengan lokasi, juga persiapan lainnya yang bersiafat teknis dan juga administrasi.

Flyer sudah disebar dan beberapa peserta di luar Sukaresmi juga mulai masuk pendaftarannya, target hampir tepenuhi ketika waktu yang ditentukan telah tiba.

Seperti mimpi rasanya, yang dulu hanya terbayang sebagai angan-angan, kini sudah menjadi kenyataan. Selama dua hari, Senin-Selasa, tanggal 22-23 Mei 2023 terlaksanalah kegiatan pelatihan menulis Satu Guru Satu Buku (Sagusabu) di Sukaresmi, merupakan Sagusabu ke-5 di wilayah Cianjur yang dilaksanakan MediaGuru. Peserta tercatat 94 orang setelah adanya tambahan beberapa orang peserta dari kecamatan lain.

Tim narasumbernya kali ini adalah Pemred MediaGuru Mas Eko Prasetyo dan Instruktur Nasional Bunda Nuraeni, ditambah bonus Bu Fitria Nur Rosyidah, Kepala Sekolah SMP IT AL- Hanif Cibeber yang sangat inspiratif dengan karya dan prestasinya.

Antusias peserta yang awalnya penuh kebingungan mulai terlihat meningkat, apalagi ketika para narasumber menyampaikan materinya dengan menarik, tidak membuat peserta pelatihan bosan. Materi yang diselingi tugas-tugas menantang membuat para peserta pelatihan menikmatinya.

Pihak Disdikpora sangat mendukung kegiatan ini. Awalnya Pak Kadisdikpora yang akan membuka pelatihan, tetapi karena ada beberapa agenda yang bentrok beliau diwakili oleh Bapak Kabid SD dan Bapak kasi PTK / PAUD. Sedangkan pembukaan kegiatan pelatihan dilaksanakan oleh ketua MKKS SD Kec. Sukaresmi.

Dalam sambutannya baik Bapak Kabid maupun Bapak Kasi sangat mengapresiasi kegiatan pelatiha ini, mengingat kemampuan literasi yang baik sangat penting dalam menjalankan tugas sehari-hari bagi pendidik.

Dua hari rasanya berlalu begitu cepat, berbagai materi pelatihan disajikan, tidak hanya materi penulisan buku tetapi materi penunjang lainnya yang menambah wawasan para peserta,

Tibalah puncak kegiatan yaitu penayangan cover buku yang dibuat tim MediaGuru berdasarkan sinopsis terbaik para peserta pelatihan. Diluar dugaan ternyata sinopsis yang dikumpulkan para peserta hasil pelatihan singkat ini bagus-bagus, dan tim kreatif MediaGuru yang sudah ahli dalam membuat cover membuatnya menjadi semakin keren. Tepuk tangan tanda apresiasi mengiringi setiap cover yang ditayangkan oleh Mas Eko.

Allhamdulillah, sujud syukur padaMu Ya Rabb, kegiatan pelatihan ini berjalan lancar, semoga giat literasi ini terus berlanjut, para peserta dapat mengembangkan potensinya melalui komunitas di grup WA, dapat meningkatkan kemampuan menulisnya melalui pembiasaan menulis setiap hari yang wadahnya sudah disedikan oleh MediaGuru yaitu Gurusiana.

Terima kasih tak terhingga untuk Pak Kordik, ketua PGRI, MKKS SD Kec. Sukaresmi yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, Tim MediaGuru yang begitu hebat dalam melaksanakan tugasnya, SMAN I Sukaresmi yang telah mengizinkan aulanya digunakan, dan yang paling membanggakan Bapak/Ibu peserta pelatihan Sagusabu Cianjur 5, yang telah mengikuti pelatihan dengan semangat.

Tak ada gading yang tak retak, mohon maaf atas segala kekurangan atau adanya hal-hal yang kurang berkenan selama melaksanakan kegiatan ini.

Cianjur, 23 Mei 2022

Anita Barkah, Kepala Sekolah SDN Bakom Sukaresmi Cianjur

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Bapak/Ibu atas semua komentarnya.

24 May
Balas

Barakallah Teh ANita, keren banget, semoga bisa menginspirasi MKKS lainnya untuk mendongkrak minat baca dan menulis guru/kepala sekolah.

24 May
Balas

Aamiin Bun, hatur nuhun.

24 May

Terima kasih ibu, barokalloh ya buat ibu yang memberikan kesempatan kami belajar banyak tentang menulis.

24 May
Balas

Terimakasih bu atas kesempatan dan motivasinya. Alhamdulillah bisa dipertemukan dalam kegiatan yang luar biasa hebat.

24 May
Balas

Mantap ulasannya, bu.

23 May
Balas

Ulasannya runtut, ketika membacanya langsung tergambar suasana dua hari acara pelatihan tersebut. Hebaaaatt....

24 May
Balas

Mantap kegiatannya

24 May
Balas

Keren kegiatannya, hebat instrukturnya dan luarbiasa panitianya, terimakasih atas pemerian ilmunya akan menjadi bekal dan dorongan motivasi seorang pemula untuk merangkak menjadi sang penulis

24 May
Balas

Keren kegiatannya, hebat instrukturnya dan luarbiasa panitianya, terimakasih atas pemerian ilmunya akan menjadi bekal dan dorongan motivasi seorang pemula untuk merangkak menjadi sang penulis

24 May
Balas

Kegiatan yang sangat inspiratif. Instruktur yang luar biasa, sangat memotivasi sekali. Panitia sukses, Bravo!!

24 May
Balas

Luar biasa ibu, terimakasih juga buat ibu. Dengan adanya kegiatan yang ibu impikan kami bisa menimba banyak ilmu dari kegiatan kemarin. Sukses terus bu.

24 May
Balas

Kegiatan ini sangat menarik.apalagi yang memberikan materinya begitu bagus..tidak menoton.Terima kasih semuanya.

24 May
Balas

Kegiatan pelatihan sagu sabu tergambar dengan jelas di artikel ini bu. Mantap dan keren!

24 May
Balas



search

New Post