Anitya Wahdini

Anitya Wahdini lahir di Jakarta. Lulus dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, tahun 2005. Bekerja sebagai jurnalis di salah satu med...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ternyata Generasi Milenial
Doc. bps.go.id

Ternyata Generasi Milenial

Hasil sensus penduduk Indonesia tahun 2020 telah dikeluarkan secara resmi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tanggal 21 Januari 2021 lalu. Saya memang bukan ahli statistik maupun sensus penduduk, akan tetapi dari infografis yang disajikan BPS, ada beberapa poin yang menarik perhatian saya.

Pertama, soal rentang usia atau generasi mana yang paling mendominasi. Selama ini saya mengira generasi milenial lah yang bakal mendominasi. Pasalnya, di berbagai pembahasan atau tulisan, generasi milenial kerap menjadi sorotan utama. Bagaimana generasi milenial mulai mendapatkan panggung dalam berbagai sektor kehidupan. Menjadi menteri, misalnya. Pentas yang biasanya dimainkan oleh generasi X alias gen X bahkan juga baby boomer.

Ternyata oh ternyata, generasi Z lah yang mendominasi. Ini generasi kebanyakan siswa saya, baik yang sudah alumni maupun yang masih saya ajar. Gen Z ini pun adalah generasi anak-anak saya yang kini duduk di jenjang akhir masa sekolah dasar. Sedikit takjub bahwa berarti beban setiap pendidik dan juga orang tua begitu besar, mengingat mereka lah yang akan memegang negara ini nantinya. Generasi penerus bangsa.

Kedua, soal posisi saya di berbagai generasi ini. Saya kerap menggunakan istilah anak-anak milenial untuk menyebut mereka yang tahun kelahirannya di bawah saya. Eh ternyata, saya pun termasuk dalam jajaran anak milenial dong?

Ketiga, soal generasi yang ada di dalam rumah tangga saya. Melihat rentang waktu yang disajikan dalam infografis, ternyata di dalam rumah saya ada tiga generasi sekaligus. Suami saya adalah gen X, saya adalah generasi milenial, sementara anak-anak kami adalah gen Z. Wah, tak heran ya rumah kami selalu ramai dengan perbedaan pemikiran dan juga selera.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post