Anna Sulisetiawati

Bismillah ... Atas nama Tuhan yang Maha Pemurah Terima kasih atas ilmu yang tercurah Semoga melalui media ini ilmu makin terasah...

Selengkapnya
Navigasi Web
OVERVIEW PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MASA PANDEMI

OVERVIEW PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MASA PANDEMI

Sebagai diseminasi dari bimbingan teknis yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , kelompok kerja guru menyosialisasikan hasil overview pembelajaran efektif pada masa pandemi. Kegiatan diawali dengan sambutan sebagai pengantar dari keseluruhan acara, ucapan terima kasih dari ketua kelompok kerja guru dan pengawas korwil serta harapan materi yang didesiminasikan bisa teruskan dan dilaksanakan di sekolah masing-masing.

“Apakah pembelajaran jarak jauh yang dilakukan sudah efektif?”, begitu pertanyaan nara sumber kepada para peserta diseminasi saat mengawali kegiatan overview. Jawaban peserta beragam namun didominasi dengan jawaban belum efektifnya pembelajaran pada masa pandemi. Oleh sebab itu guru dituntut untuk lebih kreatif agar peserta didik tidak jenuh atau bosan. Keterlibatan orang tua untuk menggantikan guru membimbing anak di rumah sangat besar.

Pembelajaran efektif hendaknya mengikuti prinsip 5M 1) Memanusiakan hubungan dengan orientasi terpusat pada anak; 2) Memahami konsep yaitu bukan sekedar menguasai konten, tapi menguasai konsep secara mendalam yang dapat diterapkan di beragam konteks; 3) Membangun keberlanjutan melalui diskusi guru dan orang tua untuk membangun kerjasama; 4) Memilih tantangan dengan menguasai keahlian); 5) Memberdayakan konteks dengan melibatkan daya sumber dan kesempatan di komunitas.

Terakhir, pembahasan asesmen pada masa pandemi yang dilakukan di sekolah terdiri dari;1) asesmen diagnosis awal, sebagai contoh kepemilikian gawai; 2) asesmen diagnosis berkala dengan contoh pengalaman remedial atau bimbingan belajar, dll. Secara keseluruhan rangkaian kegiatan overview diakhiri dengan tanya jawab dan closing statement dari nara sumber. Sekarang semua kembali pada kesanggupan satuan unit pendidikan masing-masing untuk merancang pembelajaran efektif selama pandemi yang berlum enggan pergi dari muka bumi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Guru memang harus selalu mengevaluasi proses maupun hasil pembelajaran. Tetap semangat BU ANNA SULISETIAWATI

02 Dec
Balas

Terima kasih semangatnya bp

03 Dec



search

New Post