Anna Sulisetiawati

Bismillah ... Atas nama Tuhan yang Maha Pemurah Terima kasih atas ilmu yang tercurah Semoga melalui media ini ilmu makin terasah...

Selengkapnya
Navigasi Web
RUANG RINDU GURU

RUANG RINDU GURU

H2

Mengutip lirik lagu milik grup band Letto bertajuk ‘Ruang Rindu’ yang bercerita tentang ketakutan menghirup udara karena menyisakan rindu yang menyesakkan dada, terpisah ruang dan waktu tanpa tahu kapan akan bisa kembali bertemu. Lirik tersebut selaras dengan kondisi pembelajaran saat ini , setelah berbulan-bulan melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Rindu bertemu dan bertatap muka secara langsung, mendengar celoteh dan keriuhan siswa saat belajar di sekolah.

Sejatinya pembelajaran jarak jauh bukan tanpa hambatan, karena kenyataan penuh dengan berbagai kendala atau permasalahan dan jauh dari kesempurnaan. Kendala hadir silih berganti baik kendala tersebut berasal dari siswa maupun guru. Namun kendala tersebut bukan berhenti tanpa solusi, karena beberapa pilihan cara sebagai solusi patut dicoba demi hasil terbaik dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Kendala

Pertama, kendala siswa masih didominasi pada besarnya kebutuhan internet selama masa pembelajaran jarak jauh dan keterbatasan pendampingan orang tua karena pekerjaan yang harus diselesaikan di luar rumah. Solusi terhadap kendala tersebut tentu berujung pada komunikasi yang seharusnya dilakukan secara intensif antara orang tua dan guru saat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Demikian pula pelibatan pendampingan guru bagi siswa yang mengalami kendala saat pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut pasti membutuhkan komunikasi secara masif antara guru dan orang tua agar terjadi sinergi yang kuat untuk membantu proses pembelajaran jarak jauh.

Kedua, kendala yang kerap dialami guru saat melaksanakan pembelajaran jarak jauh lebih pada jaringan internet yang tidak stabil dan keterlambatan dalam proses adaptasi model pembelajaran jarak jauh. Ketidakstabilan jaringan kerap terjadi saat pembelajaran jarak jauh berlangsung, tentu hal tersebut terus dievaluasi sehingga pembelajaran jarak jauh bisa berlangsung dengan kendala minimal.

Solusi

Sedangkan solusi yang telah diterapkan dari kendala kedua yaitu dengan penyesuaian model pembelajaran jarak jauh melalui model flipped learning. Flipped Learning merupakan model pembelajaran yang diyakini sesuai dengan kondisi pembelajaran di masa pandemi ini. Model pembelajaran ini memungkinkan guru dan siswa melaksanakan pembelajaran secara tatap maya melalui media zoom meeting atau google meet untuk penjelasan materi atau pembahasan soal. Sementara media google classroom atau new siruri akan digunakan untuk melatih dan mengukur daya serap siswa sesuai kompetensi. Media pembelajaran berupa animasi, video, dan media lainnya digunakan guru untuk membantu siswa lebih memahami materi sesuai tujuan kompetensi.

Kesabaran untuk berdamai

Dari beberapa kendala dan solusi di atas, nampak pembelajaran memang jauh dari kesempurnaan, namun begitulah kondisi pembelajaran saat pandemi ini masih berlangsung. Diperlukan kesabaran untuk berdamai dengan keadaan, motivasi tak henti dari ayah dan bunda yang hebat serta doa yang terus dilangitkan setiap waktu pada Sang Maha Pencipta. Salah satu Firman Allah dalam QS Al Baqarah 153: “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”, menjadi pengingat untuk senantiasa sabar, karena kesabaran itu memiliki kedudukan yang tinggi menurut Imam Al Ghazali.

Positive Thinking

Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti selalu cuci tangan, memakai masker, menjaga jarak aman, dan menahan diri untuk tetap di rumah saja patut dilaksanakan serta senantiasa positive thinking (berpikir positif)agar sehat rohani dan jasmani. Berpikir positif terhadap qadarullah selalu ditanamkan dalam diri agar terhindar dari perbuatan yang dilarang Allah. Demikian pula saat menyikapi kebijakan-kebijakan yang ditetapkan di masa pandemi. Kebijakan yang tepat dan dilakukan dengan sinergi yang kuat antar pemangku kebijakan dalam satu visi dan misi yang sama akan menghasilkan tekad yang bulat untuk mewujudkannya. Sungguh bahagia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga pandemi segera berlalu. Rindu biar mencair syahdu, ...

10 Aug
Balas

mantap bunda, salam sukses selalu

10 Aug
Balas



search

New Post