Anni Manalu

Menjadi "Oase dan Dian" di salah satu sekolah YPK-Don Bosco, Medan - Sumatera Utara, Berasal dari keluarga Guru, dan mendedikasikan hidupku sebagai Guru. Saya b...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gempa
Foto: AR

Gempa

Tagur 30

Karya: Anni Manalu

Gempa bumi tektonik M6,0 melanda Tapanuli Utara

Setitik garis setitik kisah tentang gempa bumi. Masih tersimpan di ingatan bagaimana gempa bumi puluhan tahun sebelumnya terjadi di Tarutung. Waktu itu, saya duduk di bangku kelas dua sekolah dasar.

Kejadiannya pada malam hari saat semua orang berselimut malam. Semua berubah dalam hitungan menit. Tak ada yang berani berdiam di rumah. Suasana panik, was-was, suara jerit tangis, serba takut, perasaan campur aduk, dll.

Penduduk disarankan untuk tinggal sementara di tenda-tenda darurat/tempat pengungsi sementara. Sungguh peristiwa yang tak pernah terbayangkan.

Huh. Yang tak pernah kuharapkan, kami pun terpaksa eksodus ke luar kota. Imbasnya, aku nggak ikut ujian penaikan kelas. Hiks... kesedihan yang paling hakiki dan pertama kalinya di hidupku.

Tapi bagaimanapun dampaknya, manusia hanya bisa pasrah dan mengambilnya hikmahnya.

Berdasarkan sumber BMKG: Hari Sabtu 01 Oktober 2022 pukul 02.28.41 WIB wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi Susulan:

Hingga pukul 04.05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 24 (dua puluh empat) aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) dengan magnitudo terbesar M5,1 dan magnitudo terkecil M2,5

Pemerintah dan warga bisa saling bahu-membahu melakukan penanganan yang tepat guna. Semoga tidak ada gempa susulan. Kotaku, segeralah pulih kembali (AR).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga tidak ada korban jiwa. Itu piala sebagai kepala sekolah dengan buku tunggal terbanyak. Terima kasih telah mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

01 Oct
Balas

Semoga tak ada korban jiwa, Bu. Dan pemerintah bisa bertindak cepat. Salam sukses.

02 Oct
Balas



search

New Post