Ermiyanto

Biasa dipanggil Mr.Anoto atau Laoshi Anto, aktifitas keseharian sebagai Guru di SMPN 2 Padang Panjang. "Pelajari apa aja selagi bisa" merupakan Moto hidup yang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bisikan si Beruk
Gambar : sumber dari google

Bisikan si Beruk

Hari ini Raja Rimba mengumpulkan masyarakatnya di sebuah lapangan yang sangat luas. Sang Raja terlihat gagah dan berwibawa, ia dikawal oleh para perdana menterinya.

Perdana menteri Sang Raja berasal dari berbagai jenis hewan, ada Harimau, Gajah, Monyet, Srigala dan Buaya.

"Wahai rakyatku! Hari ini aku umumkan kalau besok kita akan mengadakan lomba lari, seluruh kalian mesti mengutus masing-masing 2 utusan dan yang lain wajib menyaksikan perlombaan ini."

"Besok aku akan memberikan hadiah yang banyak untuk sang juara 1,2 dan 3. Silahkan kalian persiapkan diri dengan baik."

Seluruh rakyat Sang Raja bersorak gembira, terbayang hadiah yang akan mereka peroleh.

Sang Beruk yang memang dasarnya pemalas, mencari cara agar Sang Raja membatalkan lomba lari tersebut.

Tiba-tiba ia dapat akal. Sang Beruk langsung menemui Sang Raja. "Duhai Paduka yang mulia! hamba punya usul, alangkah baiknya Sang Paduka memberi hadiah untuk semua peserta yang akan mengikuti lomba lari, agar mereka semua gembira. Kasihan mereka yang sudah capek, letih, dan lelah lari."

"Betul juga apa yang kau sampaikan. Baiklah, besok aku akan memberi hadiah untuk semua peserta lomba."

Acara yang ditunggu-tunggu akan segera dimulai. Seluruh rakyat sudah berkumpul di sepanjang jalan yang akan dilalui oleh peserta lomba. Para peserta lomba juga sudah siap-siap di garis start.

"Wahai rakyatku, sebelum lomba dimulai, aku akan menyampaikan sebuah berita penting. Hari ini semua peserta lomba akan mendapatkan hadiah dariku, jadi silahkan ikuti perlombaan dengan baik."

Si Beruk yang mendengar titah Sang Raja senyum-senyum manis, ia berbisik ke teman-teman beruknya, "nanti kalian tidak usah capek-capek lari, kalian santai saja, karena juara atau tidak semua akan dapat hadiah yang sama."

Acara dimulai. Sang Raja mengangkat bendera yang terbuat dari daun lontar ukuran besar. Seluruh peserta mulai berlari, berlomba-lomba menuju garis finish. Para rakyat bersorak dipinggir jalan, menyemangati teman-teman mereka yang berlomba.

Terlihat di barisan belakang Sang Beruk dan Sang kura-kura berlari pelan, sementara di bagian depan sudah melaju Sang Kangguru, Sang Harimau, dan Sang Kancil.

Akhirnya, lomba lari kali ini dimenangkan oleh Sang Kangguru, Sang Kancil diurutan kedua, dan Sang Harimau diurutan ketiga.

Dengan bangga, Sang Kangguru, Sang Kancil, dan Sang Harimau maju kedepan untuk memperoleh hadiah. Hadiah yang diberikan oleh Sang Raja kali ini adalah sekotak besar buah-buahan dan daging.

Selesai mereka menerima hadiah, Sang Raja juga menyuruh seluruh peserta yang lain untuk maju. Masing-masing mereka juga diberi hadiah yang sama yaitu sekotak besar buah-buahan dan daging.

Beruk berbisik ke kura-kura, "Hai kura-kura, betulkan, apa yang aku katakan tadi? ngapain kita repot-repot berlari kencang, walaupun kita berada di urutan terakhir tetap dapat hadiah yang sama juga."

Beruk yang melihat Kangguru, Kancil dan Harimau yang gembira dengan kemenangannya cuma senyum-senyum saja. "Gobloknya dirimu, mau-maunya lari menghabiskan tenaga." katanya dalam hati.

PELAJARAN YANG BISA DIAMBIL :

1. Jangan mudah menerima saran dari orang. Cerna dulu sebelum dilaksanakan.

2. Jadilah sebagai pemenang tanpa memikirkan embel-embel hadiah dibelakangnya

3. Jadilah Raja/Bos/Pimpinan yang bijaksana

4. Bertemankan dengan orang-orang yang menebarkan kebaikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dongeng versi baru, pak. Mantap.

04 Feb
Balas



search

New Post