ANTRIYANI

Setitik semangat dan sedikit nekat adalah dua hal yang menjadi modal saya untuk menulis. Mungkin agak sedikit menyimpang dari teori-teori tentang menulis yang b...

Selengkapnya
Navigasi Web
EVALUASI DIRI, MENJAGA KONSISTENSI DIRI DALAM BERKARYA (Oleh Antriyani)
Ilustrasi Dok. MediaGuru

EVALUASI DIRI, MENJAGA KONSISTENSI DIRI DALAM BERKARYA (Oleh Antriyani)

EVALUASI DIRI, MENJAGA KONSISTENSI DALAM BERKARYA

Oleh: Antriyani

#Tulisan ke-787

Hidup adalah kesempatan. Hidup butuh perjuangan. Sebuah pencapaian dalam hidup bermula dari sebuah proses. Perjalanan proses itu pasti akan melalui beberapa tahap yang kemudian bermuara pada tujuan dan pencapaian.

Banyak hal yang harus dilakukan agar kita berada di titik tujuan dan pencapaian. Tentunya hal itu akan berkaitan dengan upaya dan kerja keras. Kerja keras yang disertai usaha dan fokus pada satu komitmen dalam mencapai tujuan yang diinginkan maka akan memperoleh hasil akhir berupa pencapaian yang maksimal.

Beberapa pendapat menyebutkan bahwa sebuah tujuan atau pencapaian hidup dikorelasikan dengan resolusi. Kata resolusi sudah bukan kata asing di telinga kita. Karena, pada setiap pergantian tahun kata tersebut selalu menjadi ajang perburuan dan pegangan. Menurut KBBI, resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat. Namun, ketika kata tersebut disandingkan dengan pergantian tahun maka maknanya akan bergeser menjadi tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang. Bahasa milenialnya Goal.

Tak ada hasil yang sempurna tanpa adanya usaha dan kerja keras, rupanya dapat dijadikan slogan dan motivasi untuk diri sendiri agar kita dapat mendapatkan goal yang diimpikan. Semangat pantang menyerah dan tak berputus asa dalam melakukan sesuatu harus selalu terpatri pada jiwa, hati, dan pikiran. Ketiganya akan diwujudkan dengan sikap dan tindakan yang tepat dalam meraih goal tersebut.

Hal tersebut di atas berlaku juga bagi saya. Tahun ini merupakan tahun kelima saya aktif menulis. Empat buku tunggal dan tak kurang empat puluh buku antologi sudah terbit dan menjadi koleksi perpustakaan mini di rumah. Ini merupakan pembuktian pada diri sendiri bahwa pencapaian saya dalam berliterasi (menulis) tidak sia-sia. Meskipun sebenarnya, masih banyak karya saya yang belum dibukukan.

Itu hanya contoh kecil dari usaha dan kerja keras saya dalam menulis. Selain itu, saya masih memiliki life dreams (impian hidup) lainnya. Tetap produktif menulis dan eksis dalam berkarya merupakan impian hidup yang menurut saya tidak mewah namun memerlukan kekonsistenan.

Meningkatkan literasi diri tidak melulu memupuk semangat diri sendiri untuk menulis, tetapi juga harus mampu menularkan semangat dan berbagi ilmu kepada orang lain merupakan bagian positif dalam berliterasi. Saya merasa sangat berbahagia jika siswa, teman sejawat, bahkan keluarga ikut andil dan aktif menulis. Itu artinya apa yang sudah saya lakukan membuahkan hasil. Hal itu juga berarti life dreams sederhana saya sudah tercapai.

Tak ada usaha yang tidak membuahkan hasil. Hasil yang maksimal berawal dari proses panjang dan kerja keras. Memang tidak akan ada yang serta merta bagus dan sempurna dalam melakukan sesuatu. Evaluasi diri atas usaha yang telah dilakukan merupakan sikap positif agar tidak terjadi kesalahan dalam mencapai tujuan.

Pada hakikatnya, kita dituntut untuk selalu berpikir dalam melakukan sesuatu. Ada baiknya memenejemen kembali langkah-langkah yang akan dilakukan ketika akan memulai sebuah proses. Tujuannya adalah agar titik akhir pencapaian yang diinginkan sesuai harapan dan goal yang telah ditargetkan. Berkarya adalah usaha dan kerja keras!(*)

****

SumberGading, 14 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Sukses selalu.

14 Jan
Balas

Keren say... Tetap semangat berkarya dan berkarya...

14 Jan
Balas



search

New Post