ANWAR SIDIQ

Suka membaca, suka menulis, tapi minim tulisan. Lahir, tumbuh dan besar di kota Magetan. Timur Gunung Lawu. SD hingga SMA di Magetan, kuliah di IKIP Malang (sek...

Selengkapnya
Navigasi Web
FREE RIDER

FREE RIDER

"Untuk belajar materi kita hari ini, Bapak akan memberikan tugas kelompok yang akan kalian kerjakan bersama dengan melakukan pengamatan di luar kelas, tetapi masih didalam lingkungan sekolah kita. Untuk itu marilah kita bentuk kelompok". Dan reaksi siswapun rata-rata akan tampak ceria, tampak "sumringah", bersemangat. Pembentukan kelompokpun selesai. Dilanjutkan penjelasan tugas yang harus dikerjakan dan tuntutan capaian yang harus diselesaikan. Dan seluruh siswa akhirnya berpindah dunia kelas ke dunia luar kelas. Berburu data, mengerjakan tugas sesuai lembar tugas yang diberikan. Guru beranjak mengikuti siswa, berpindah dari kelompok satu ke kelompok lain.

Menit demi menit, melalui pengamatan dilapangan, ternyata ditemukan beberapa siswa tidak sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya. Asyik dengan dunianya sendiri. Pasif dalam kelompok. Tidak hanya satu anak, tapi dijumpai beberapa anak justru bermain-main. Permainan mereka jauh dari konteks tugas. Siswa yang bertanggung jawab dan lebih menguasai materi, mendominasi tugas dengan mengerjakan dengan anggota kelompok yang lain. Mereka juga asyik berdiskusi, asyik bertukar pendapat dengan temuan fakta dilapangan. Saat waktu mengerjakan selesai dan tugas dikumpulkan, tidak ada bedanya antara yang mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan yang hanya mendompleng nama.

Pendompleng nama itulah "FREE RIDER" atau penumpang gelap dalam kelompok. Mereka mengambil keuntungan dari upaya keras teman lainnya dalam kelompok tersebut. Mengapa tercipta penumpang gelap dalam kelompok? Antara lain karena : (1) terlalu banyak anggota dalam kelompok, (2) tidak adanya pembagian tugas yang jelas masing-masing anggota kelompok, (3) terlalu lama durasi waktu yang diberikan untuk mengerjakan tugas kelompok.

Tugas kelompok didalam kelas maupun diluar kelas, tetap harus memperhatikan penyebab terciptanya penumpang gelap tersebut. Di semua mata pelajaran. Apabila komponen penyebab tersebut bisa diminimalisir, pasti semua akan sibuk, sibuk terkontrol, sibuk mengerjakan tugas, sesuai pembagian tugas dalam kelompok. Insya Allah taget kompetensi akan tercapai. Apakah anda pernah menemukan "FREE RIDER" ? (Anwar, 2/2/203)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post