Aprilia Susanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PETUNJUK PENTING DALAM KELAS DARING Tantangan Hari Ke satu

PETUNJUK PENTING DALAM KELAS DARING Tantangan Hari Ke satu

Baru saja kelas online saya selesai. Mata kuliahnya English Debating. Pesertanya mahasiswa semester 4. Kami memakai grup WhatsApp kelas. Mudah, gak ribet, cepat, dan interaktif.

Kami sudah memiliki grup WA kelas. Semua mahasiswa masuk di dalamnya. Artinya, ngapain buka kelas online baru dengan platform berbeda. Ribet.

Ada beberapa hal yang perlu saya tekankan dalam pembelajaran daring. Pertama, guru tidak sedang menyampaikan materi tapi perannya berubah menjadi fasilitator. Kedua, teknologi hanya alat (tools) untuk mewadahi pembelajaran. Jadi jangan mudah silau dengan aplikasi baru jika ternyata semua masih gagap menggunakan dan malah jadi rumit. Pakai saja apa yang ada. Ketiga, bukan ready-made knowledge yang disampaikan guru, tapi provocative and interactive knowledge. Jadi jangan asal kasih soal/quiz/ujian/worksheet tanpa ada knowledge exploration sebelumnya. Biarkan mereka mencari tahu dulu. Ini kan bukan tes/ujian, ingat!

Berikut adalah hal teknis dalam online class yang penting dilakukan:

Sebelum jadwal kelas, ingat mahasiswa/siswa terkait kegiatan online class yang akan diadakan. Janjian dulu. Pastikan semua siswa tahu jadwalnya. Jangan hanya karena mereka tidak baca WA, mereka jadi absen.

Be on time. Saat waktu akan dimulai, ingatkan siswa untuk bersiap. Misalnya:

The class will be started in 15 minutes. Please be prepared.

Set the rules/system of the online class. Tetapkan peraturan dalam kelas daring yang akan diadakan. Dari durasi, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berlangsung, cara penentuan presensi, cara berinteraksi, dan sebagainya.

Saya mengatakan bahwa sebelum mengangkat tangan, siswa tidak boleh berkomentar/bertanya. Ini untuk menghindari candaan, pengiriman sticker tidak penting, dan debat kusir. Mereka harus menggunakan emoticon tangan agar saya pilih untuk berkomentar. Dengan begitu traffic tidak penuh dengan gurauan atau perang sticker.

Be a good and supportive facilitator. Berikan pujian dan respon sekecil apapun. Ini bisa menumbuhkan percaya diri siswa.

Fast response. Fasilitator harus cepat merespon. Berikan kesempatan seluas-luasnya untuk semua berpartisipasi.

Kesimpulan dan evaluasi. Sebelum berakhir, simpulkan dan beri evaluasi terhadap kelas daring.

Screenshot info read. Tangkap layar siapa yang membaca dan tidak membaca dari awal, tengah, sampai akhir kelas. Yang tidak membaca dianggap tidak hadir kelas.

Celebrate. Di akhir, tutup dengan terima kasih, apresiasi, dan minta mereka mengirimkan emoticon terbaiknya. Saya mendapat banyak love dan smiles. Seneng deh. Semua bahagia.

Baik, itulah beberapa tips yang perlu diingat dalam kelas daring ini. Intinya, be fast, be wise, be helpful, be easy, and be supportive! Gak usah silau dengan aplikasi baru kalau belum paham banget. Pakai saja yang sudah ada. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Editor Kou

20 Mar
Balas

Halo, Pak Donni. Ayo nulis lagi

21 Mar



search

New Post