Arbanur Orbita

Navigasi Web
Kisah Raja Kroda
Source : orbie's collection

Kisah Raja Kroda

Alkisah pada jaman dahulu kala. Ada Raja Kroda dari kerajaan Sangrila. Ia memiliki dua putra. Si sulung bernama Raden Arya dan si bungsu bernama Raden Azka. Suatu hari Raja Kroda memanggil kedua putranya. Ia merasa sudah tua dan saatnya tapuk kepemimpinan dirinya digantikan kedua anaknya. Tetapi hanya satu yang bisa menjadi raja. Raja Kroda tak tahu siapa yang pantas untuk menjadi raja. "Anak-anakku, salah satu dari kalian nanti akan menjadi raja dan menggantikan diriku. Kini Ayah minta pergilah kalian berdua mencari ilmu dan pengalaman diluar sana. Agar nanti bisa menjadi bekal bila kelak salah satu dari kalian menjadi raja."kata Raja Kroda. "Besok mulailah dari Raden Arya, Ayah akan memberi sekantong uang emas dan kuda sebagai bekal pengembaraanmu,"kata Raja Kroda lirih. Raden Arya yang mendengarkan permintaan ayahnya, hanya bisa menggangguk. "Untuk Raden Azka, pengembaraan dilakukan setelah kakakmu pulang,"lanjut Raja Kroda. Raden Arya dan Raden Azka hanya bisa saling menatap tak mengerti apa tujuan dari semua ini. Mereka hanya menjalankan apapun titah ayahanda.

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali Raden Arya meninggalkan istana dan pergi mengembara. Tengah hari tibalah ia di sebuah hutan. Tiba-tiba saja dia dikagetkan suara rintihan seekor binatang. Ternyata benar saja, ia melihat rusa yang kakinya tertangkap jebakan besi. Raden Aryapun berusaha membukanya. "Kasihan sekali rusa ini,"kata Raden Arya dalam hati. Tak berapa lama ada seorang bapak dengan marah dan tampak kesal mendekatinya. "Hey, kenapa kamu melepaskan buruanku. Kamu harus mengganti rusa yang kau lepaskan. Seenaknya saja melepaskan hasil buruanku." kata bapak itu penuh kemarahan. "Kau harus mengganti dengan uang. Kalau tidak akan ku laporkan pada raja." kata bapak itu penuh semangat. Raden Arya tak mau repot dengan masalah apapun. Ia pun memberikan sekatong uang emas yang dimilikinya. Raden Arya pergi melanjutkan perjalanannya.

BERSAMBUNG

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post