Ariawan Istiadi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kajian Jelang Ramadhan Al Kautsar (TMG 664)

Kajian Jelang Ramadhan Al Kautsar (TMG 664)

Bersyukur kita mengawali pagi dengan menuntut ilmu. Semoga kita termasuk hambaNya yang didoakan seluruh makhluk-makhlukNya yang ada di darat, laut, dan udara. Bahkan duduknya hamba di majlis ilmu bermakna mendekatkan hamba dengan syurga. Demikian pembukaan DR Opi Irawansyah pada kajian jelang Ramadhan di masjid Al Kautsar jl laban Gumilir pada Ahad 19 Maret 2023.

Kita akan kedatangan tamu yang sangat mulia yaitu bulan Ramadhan. Bekal pertama adalah ilmu. Contoh suntikan saat puasa. Jika injeksi obat tidak membatalkan puasa, jika berisi nutrisi atau vitamin maka batal puasanya.

Niat puasa adalah rukun puasa. Maka biarkan hati yang beramal. Misal Kamis puasa, maka Rabu Magrib sudah bisa mulai berniat. Niat puasa untuk hari Kamis saja atau untuk sebulan penuh. Batas akhir niat puasa adalah waktu subuh. Jika benar-benar lupa, maka niat puasa saat teringat (subuh). Jika puasa Sunnah boleh niat setelah subuh.

Imsak adalah waktu subuh. Imsak artinya menahan. Maka imsak adalah waktu subuh. Tidak ada larangan makan minum saat waktu imsak hingga subuh. Muazin harus amanah, masuk waktu sholat harus melaungkan azan, khususnya saat Ramadhan waktu subuh dan magrib.

Bolehkah bekam dan donor darah? Boleh, dengan catatan tidak menyebabkan lemas sehingga menjadikan berbuka. Disarankan jika tidak darurat berbekam/donor dimalam hari.

Untuk yang berpenyakit atsma, saat puasa terjadi anfal, kemudian menggunakan spray, tidak membatalkan puasa. Termasuk inhaler, fix yang dihirup tidak membatalkan puasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post