ARIEF RACHMAN, S.Pd.

Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaat yang luar biasa. Menulislah dengan bebas dan secepat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nilai Sikap bisa diambil disaat Belajar Daring
Gambar diambil dari Google

Nilai Sikap bisa diambil disaat Belajar Daring

Banyak pendapat mengatakan, belajar daring/online hanya menyentuh ranah kognitif (pengetahuan). Namun untuk ranah psikomotorik (keterampilan) kurang terlaksana secara maksimal karena seyogiyanya siswa harus mempraktekkan secara langsung dibengkel atau workshop. Hal ini bisa kita pahami dan bisa kita memaklumi. Namun ada 1 hal lagi yang sering kita lupakan, yaitu penilaian afektif (sikap).

Pembelajaran abad 21 lebih menekankan pada nilai-nilai karakter. Menurut Anies Baswedan "Karakter dibagi menjadi dua, yang pertama KARAKTER MORAL (religi, sopan, jujur, berakhlak, dll) yang kedua KARAKTER KINERJA (disiplin, ulet, tangguh, pekerja keras, pantang menyerah, tekun, dll)

Setelah hampir 7 bulan kita melaksanakan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi pembelajaran online. Kita menemukan formula untuk melakukan penilaian sikap terhadap masing-masing siswa. Ada beberapa hal yang bisa kita jadikan indikator diantaranya : NILAI RELIGI, setiap guru biasanya sebelum memulai pembelajaran secara online/daring mengucapkan salam di WhatsApp grup belajar. Tidak banyak siswa yang menjawab salam dari guru-gurunya. Hanya beberapa orang saja yang menjawab, dari sini kita bisa ambil salah satu indikator nilai sikap yaitu siswa yang selalu rajin menjawab salam dari guru yang mengajar.

Indikator selanjutnya untuk menentukan nilai sikap (afektif) disaat belajar daring adalah, Kita bisa lihat dari gaya bahasa siswa dan siswi di whatsapp grup belajar, dari situ kita bisa menilai KESOPANAN dan AKHLAK seorang siswa. Ada siswa yang bahasanya sopan, namun ada juga siswa yang bahasanya tidak pada tempatnya. Istilah di minangkabau "NDAK TAHU KATO NAN AMPEK".

Indikator selanjutnya untuk menentukan nilai sikap (afektif) disaat belajar daring adalah nilai-nilai karakter ULET dan DISIPLIN. Kita bisa lihat siswa yang rajin mengerjakan tugas dari guru-guru. Ada siswa yang cepat mengerjakan tugas, ada juga siswa yang hanya melihat-lihat saja tugas yang diberikan oleh guru. Dari sana nampak karakter kegigihan, ulet dan kedisiplinan seorang siswa. Walaupun banyak kendala dan permaslahan dalam belajar daring, itu tidak menjadi penghalang bagi mereka.

Kesimpulannya : Belajar daring/online tidak hanya bisa menilai ranah pengetahuan (kognitif) namun bisa juga ranah sikap (afektif). Sedangkan untuk nilai keterampilan (psikomotorik) siswa tetap harus datang kesekolah untuk pembelajaran praktek kejuruan (C2 dan C3) namun ditengah pandemi covid-19 ada beberapa aturan yang harus dipatuhi satuan pendidikan diantaranya : jumlah siswa hanya 50% dari kapasitas normal. Kami membagi siswa berdasarkan absensi ganjil dan genap, siswa tetap mematuhi protokol covid-19 seperti harus memakai masker, menerapkan jaga jarak, cuci tangan menggunakan sabun, membawa bekal dari rumah dan tidak mengizinkan siswa melaksanakan ekskul atau kegiatan yang sifatnya berkumpul-kumpul.

Mudah-mudahan corona segera berakhir..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pak...dengan cara apapun pembelajaran yang kita lakukan nilai-nilai sikap selalu jadi prioritas.

17 Sep
Balas

Betul Buk.Nilai sikap lebih utama saat ini.Terima kasih Buk Nelly

17 Sep

Bagus artikelnya,Pak. Untuk nilai keterampilan saya rasa juga bisa,Pak.Peserta mempraktekkan sesuatu berdasarkan langkah-langkah kerja dan memvideokan.Hasil video dikirim pada guru.

17 Sep
Balas

Makasih masukannya Pak Tri..Betul juga Pak..

17 Sep

Artikel yg bermanfaat. Mantap & sll semangat beeliterasi, smg sukses...

17 Sep
Balas

Terima kasih Buk Dwi..

17 Sep

Benar pak.. Cara mereka berkomunikasi selama pembelajaran daring dengan guru dan temannya, atau sikap dia saat mengikuti pembelajaran.. Keren tulisan ini pak...

17 Sep
Balas

Alhamdulillah.Mudah2an bermanfaat tulisannya.Terima kasih Buk Tri.

17 Sep

Sama cara kita menilai sikap siswa dalam pembelajaran daring Pak, saya juga seperti tu. Terima kasih, salam literasi.

17 Sep
Balas

Sama2 Buk Nur'aina..

18 Sep

Keren ulasannya PakDari dua proses pembelajaran yang sedang kita jalani, pasti ada kelebihan dan juga kekurangannya.Salam santun

17 Sep
Balas

Setuju Pak Thomas..Terima kasih..

18 Sep

Keren pak..semoga corona secepatnya berakhir sehingga penilaian sikap thd siswa

17 Sep
Balas

Aamiiin..Terima kasih Buk Sofiawati

17 Sep

Aamiin yaa Rabb. Benar, Pak. Tulisan yang informatif. Sehat dan sukses selalubya, Pak

17 Sep
Balas

Terima kasih Buk Yesi.Mudah2an bermanfaat.

17 Sep

Mantap. betul pak , setuju. dan terus berdoa corona segera sirna

17 Sep
Balas

Terima kasih Buk Tri..Kita selalu memaksimalkan ikhtiar.Mudah2an corona segera berlalu

17 Sep

Mantul Pak, salam literasi

17 Sep
Balas

Terima kasih Buk Ratna. Salam literasi kembali

17 Sep

Luar biasa pak, sangat bermanfaat sekali bagi guru dalam masa pandemi seperti ini. Salam literasi.

17 Sep
Balas

Mudah2an Pak.Terima kasih Pak Asril

18 Sep

Terima kasih pak arif...informasi berharga utk menilai karakter siswa

17 Sep
Balas

Terima kasih buk livia.. tulisan ini sekalian saya share di grup belajar di sekolah..Mudah2an ada perubahan sikap siswa..Apapun terobosan harus kita lakukan saat ini..

17 Sep

Mantul, Pak. Sukse selalu. Baraksllahu fiik!

17 Sep
Balas

Terima kasih Buk Ija..

17 Sep

Keren

17 Sep
Balas

Terima kasih Buk Wida.

17 Sep

Keren ulasannya Pak Arief....semoga siswa kita menpunya nilai karakter yg baik. Salam sukses selalu.

17 Sep
Balas

Terima kasih Pak Suhaimi..Mudah2an Pak.. Aamiin

17 Sep

Sangat mantap....salam sukses selalu

17 Sep
Balas

Terima kasih Pak Pujarsono. Salam sukses kembali Pak

17 Sep

Siip ulasannya,Pak. Salam sukses.

17 Sep
Balas

Terima kasih Buk Cicik..

17 Sep

Aamiin salam sukses

19 Sep
Balas

Salam sukses kembali buk fifit

22 Sep

Saya folow pak

19 Sep
Balas

Dengan senang hati..

22 Sep

Saya folow pak

19 Sep
Balas

Terima kasih buk..

22 Sep

Good Job,inspiratif,izin sdh saya follow pak.

17 Sep
Balas

Thanks Buk Henny.. dengan senang hati. InsyaALLAH nanti singgah juga di gubuk ibuk

17 Sep

Kereeennn saya sudah follow.salam literasi dari Berau Kaltim

17 Sep
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih Buk Ratih. Salam literasi kembali.. saya akan singgah ke gubuk ibuk utk follow back

17 Sep



search

New Post