ARIEF RACHMAN, S.Pd.

Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaat yang luar biasa. Menulislah dengan bebas dan secepat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembinaan Karakter di Tengah Pandemi

Pembinaan Karakter di Tengah Pandemi

Tidak hanya negara kita, negara lain juga terkejut dengan adanya pandemi covid-19. Semua tatanan berubah drastis termasuk di dunia pendidikan, pola pembelajaran yang selama ini “direct” yaitu siswa langsung bertatap muka dikelas dengan guru. Setelah pandemic covid-19 pola pembelajaran menjadi “indirect” yaitu pembelajaran jarak jauh atau secara online.

Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) pengertian karakter adalah tabiat; sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Ada 5 nilai-nilai karakter yag harus ditanamkan kepada siswa dan siswi di sekolah ;

1. Religius

2. Integritas

3. Nasionalis

4. Gotong Royong

5. Kemandirian

Dimensi Pendidikan Karakter :

1. Olah Hati “ETIK”

Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa

2. Olah Pikir “LITERASI”

Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran

3. Olah Rasa “ESTETIK”

Individu yang memiliki integritas moral dan berkebudayaan

4. Olah Raga “KINESTETIK”

Individu yang yang sehat dan mampu berpartispasi aktif sebagai warga negara

Pembagunan dibidang pendidikan merupakan bagian integral dari pembangunan sumber daya manusia seutuhnya sebagai upaya peningkatan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan Visi Sumatera Barat periode 2021 “Terwujudnya masyarakat Sumatera Barat yang madani dan sejahtera” dan Visi Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat periode 2021 “Terwujudnya sumber daya manusia Sumatera Barat yang cerdas, berbudaya dan bedaya saing.

Untuk zaman sekarang, pintar saja tidak cukup harus kreatif dan berkarakter…!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masya Allah.. trimakasih ilmunya pak

26 Sep
Balas

Setuju Pak. Bila siswa kreatif berarti sudah berkarakter.

24 Sep
Balas

Untuk zaman sekarang, pintar saja tidak cukup harus kreatif dan berkarakter!!! Juga beriman

24 Sep
Balas



search

New Post