Ariesta Forestyani

Sehari-hari mengajar Bahasa Inggris di SMK PP Negeri 1 Tegalampel Kabupaten Bondowoso Propinsi Jawa Timur. Selain mengajar, aktifitas yang ditekuni di sekolah s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Agrowisata Edukasi Di SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso

Agrowisata Edukasi Di SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso

Hari ini, Rabu, tanggal 15 Januari 2020, sekolah kami, SMK PP Negeri 1 Tegalampel kedatangan siswa-siswi dari TK Al Hidayah Kampung Haji Kabupaten Bondowoso. Anak-anak ini sedang belajar tentang bagaimana menanam padi dengan cara belajar langsung ke SMK PP Negeri 1 Tegalampel. Belajar dengan cara learning by doing adalah cara yang efektif di dalam belajar. Hal ini memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami apa yang sedang mereka pelajari. Mereka belajar mengenal secara langsung tentang bentuk tanaman padi dan cara menanamnya.

Agrowisata edukasi di SMK PP Negeri 1 Tegalampel pada hari ini bukanlah yang pertamakalinya. Program ini sudah dilaksanakan sejak SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso menerapkan program Teaching Factory tahun 2016. Pada saat itu, SMK PP Negeri 1 Tegalampel sudah mempromosikan dan menandatangani perjanjian dengan beberapa sekolah dasar serta sekolah taman kanak-kanak yang ada di Bondowoso tentang adanya program ini. Awalnya hanya mengenal tanaman pertanian dan alat-alat pertanian saja karena pada saat itu hanya memiliki satu program keahlian saja yaitu Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Setelah ada program keahlian baru, yaitu program keahlian APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil pertanian), agrowisata edukasi inipun menawarkan program baru yaitu program cooking class.

Saat ini, julukan kota Bondowoso sebagai Kota Tape telah bermetamorfosis menjadi Bondowoso Republik Kopi. Hal ini juga mempengaruhi produk unggulan yang ada di SMK PP Negeri 1 Tegalampel. Selain membudidayakan kopi di lahan sekolah untuk program keahlian ATPH, untuk APHP memiliki produk unggulan yang bernama "Roti Kopi Agrinov". Akhirnya, program agrowisata edukasi saat inipun bertambah dengan program cooking class tentang pembuatan roti kopi. Jadi, setelah anak-anak diajak berkeliling mengunjungi lahan kopi, mereka diajari membuat roti kopi secara langsung di lab aphp. Pada saat pulang, mereka membawa oleh-oleh roti buatan mereka sendiri dan roti buatan SMK PP Negeri 1 Tegalampel. Silahkan hubungi team agrowisata kami, jika anda ingin belajar secara langsung tentang pertanian dan pengolahan hasil pertanian.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kami mencoba jadi editor tulisan di atas ya,....Ada 4 temuan yang harus diperbaiki :1. Kata pertama kalinya itu dipisah menjadi pertama kalinya2. Kata mempengaruhi menjadi memengaruhi3. Kalimat Roti Kopi Agrinov cukup dicetak miring dan tebal dengan tanda petik 14.. kata silahkan tidak pakai huruf (h) cukup tulis silakan.

07 Mar
Balas

Monggo bu ririn dan bu yuni. Dgn senang hati kami akan menyuguhkan hidangan terbaik kami,

07 Mar
Balas

Inggih pak nur, trimaksih sarannya. Masih ada lagi ternyata yg salah.

07 Mar
Balas

Kok kegiatannya dalam air, Buk. Klo ini tidak identik dengan agrowisata, tapi kegiatan survival

05 Apr
Balas

wow kapan kapan bisa mampir berwisata di situ ya

07 Mar
Balas

Waaah, jadi pingin mencicipi roti kopinya, pasti enak..

07 Mar
Balas

Kereenn........ bu jadi kepingin ke sana sama anak anak ssmoga wabah ini segera selesai

04 Apr
Balas

Kereenn........ bu jadi kepingin ke sana sama anak anak ssmoga wabah ini segera selesai

04 Apr
Balas



search

New Post