Arif Fy

ARIF FAURIYUDDIN GURU SMP NEGERI 12 BINJAI...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hikmah Membeli Buah Berduri

Hikmah Membeli Buah Berduri

Durian termasuk buah primadona dengan aroma yang khas selalu menggoda nafsu makan. Bagi pecinta durian, aromanya membuat pikiran menjadi tenang dan memberikan kenyamanan tersendiri yang tak terkatakan, tapi bagi orang tidak menyukai durian aromanya ibarat racun yang membuatnya pusing dan ingin muntah.

Sekarang ini lagi musim buah durian. Sudah dua bulan belakangan ini buah durian melimpah ruah, apalagi malam minggu pedagang durian banyak buka lapak di sepanjang Jalan Sudirman sampai Jalan Veteran di Kota Binjai. Mereka membuka lapak jualanannya mulai pukul 17.00 sampai 02.00 malam. Pengunjungnya ramai, ada yang sendiri, ada yang berdua-duaan, ada yang membawa keluarga, ada yang makan di tempat, dan ada yang makan di tempat lain atau di bawa ke rumahnya.

Di Kota Binjai harga durian berkisar antara Rp 15.000 sampai Rp 40.000,- per buah tergantung besar – kecil dan jenis duriannya . Buah ini berasal dari Kabupaten Langkat (Bahorok) dan Kabupaten Tanah Karo (Berastagi). Orang biasa mencari buah durian dari Kabupaten Langkat atau Bahorok yaitu daerah sekitar Bukit Lawang tempat Rehabilitasi Orang Hutan. Durian dari daerah ini rasanya lebih enak dan daging buahnya tebal. Salah satu jenis durian yang harganya mahal yaitu Durian Tembaga, karena buahnya besar, rasanya lezat agak sedikit terasa pahit tapi bukan seperti pahit sambiroto.

Kalau mau membeli buah durian di pinggir jalan harus pintar dan pandai memilih. Saya pernah membeli durian, pilih sana pilih sini, berkali-kali diganti, seleksinya ketat mirip seperti seleksi Indonesia IDOL sampai akhirnya terpilih 3 buah. Dari 3 (tiga) buah yang terpilih dua buah besar dan wangi dan satu buah agak kecil dan kelihatan merekah.

Setelah sampai di rumah buah durian tersebut di belah. Apa yang terjadi, 2 buah yang dianggap bagus ternyata rasanya kurang manis dan busuk. Justru buah yang kecil penampakannya jelek ternyata setelah di buka rasanya manis dan lezat. Dari kejadian ini, kita dapat hikmahnya ternyata tidak boleh menilai sesuatu dari fisiknya saja, penampilan yang baik dan bagus belum menjamin hatinya juga bagus, dan sebaliknya penampilan yang jelek belum tentu hatinya jelek, bisa jadi hatinya baik.

Banyak orang yang suka buah durian, mereka rela mengeluarkan uang berapa pun untuk mendapatkannya, namun tidak semua orang bisa memilikinya. Banyak orang yang ingin menciumnya, namun hanya aromanya saja yang bisa dinikmatinya. Dan banyak orang yang ingin memegangnya, namun tidak bisa. Kalau ingin memegangnya harus berhati-hati, jika tidak mau tangan terluka. Wanita jadilah seperti durian ini yang harum terjaga kehormatannya dan tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. Semoga bermanfaat. (ARF)

Binjai, 26 Februari 2019

Arif Fy

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Termasuk penyuka durian Pak...Durian itu buah eksotis...Salam literasi ..

26 Feb
Balas



search

New Post