ARIFIN

Arifin terlahir di Jepara pada tahun 1973. Dia anak kampung. Untuk menyelesaikan pendidikan di tingkat SD, dia rela tidak memakai sepatu hingga dia duduk di kel...

Selengkapnya
Navigasi Web
TIPPING POINT: How Little Things Can Make a Big Difference

TIPPING POINT: How Little Things Can Make a Big Difference

Tiba-tiba saya rindu membuka ulang buku lama ini, Tipping Point: How Little Things Can Make a Big Difference. Buku karya Malcolm Gladwell ini sungguh menarik.

Salah satu kalimat yang layak dikutip diantaranya Gladwell mengatakan, "Ideas , products, messages and behaviors spread like viruses do". Bahwa gagasan, produk, informasi/ pesan dan perilaku itu menular dengan cepat seperti virus.

Gagasan dan tindakan, sesederhana apapun dapat menyebabkan perubahan besar. Seperti virus, gagasan akan memasuki otak para korbannya dan mempengaruhi stabilitas diri lalu terjadilah perubahan. Inilah Tipping Point. Tipping point is the point at which an issue, idea, product, etc., crosses a certain threshhold and gains significant momentum, triggered by some minor factor or change.

Oleh karena itu, jangan remehkan ide ide kecil, jangan pernah meremehkan tindakan tindakan kecil yang tampak tidak berarti. Ide dan tindakan kecil itulah yang menyulut perubahan besar. Jangan menunggu pimpinan berbuat, lakukan saja yang kita bisa.

Pepatah Arab mengatakan, "Laa tahtaqir syai’an shaghiiran muhtaqaran. Farubbamaa asaalati ad-dama al-ibaru". Jangan menganggap remeh hal2 kecil yang terhina, bahkan jarum kecilpun mampu membuat kita berdarah.

Renungan pagi ini ...... Yogyakarta, 2 Feb. 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post