arif nasdianto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

PENILIKAN VS PENGENDALIAN MUTU PROGRAM

By arifnasdianto@nop2017

Jika kita menemukan kata penilikan mendorong setiap orang mengira bahwa kata penilikan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seorang penilik. Atau kata tersebut menjadi kata penting yang melekat pada jabatan atau tusi penilik.

*Bagaimana dengan pengendalian ?*

Kata ini mulai dikenal oleh penilik saat pergantian sk menpan 15 th 2002 menjadi permenpanRb no 14 th.2010.

Th. 2002 sd 2012. Kata penilikan masih dipakai sebagai kata yang melekat sebagai tugas penilik. Th .2013 kata kepenilikan mulai tidak digunakan lagi dengan terbitnya permendikbud RI no 38 th. 2013 tentang jabatan funsional penilik dan angka krecidnya sebagai tugas penilik secara totalitas, karena kata ini sulit diukur sebagai jaminan tusi penilik.

Untuk itu pemerintah pusat mendesiminasikan tugas penilik yang mudah diukur dan memiliki fleksibilitas yang tinggi dengan kata pengendalian mutu dan evaluasi dampak sebagai tusi penilik.

Kata Pengendalian murupakan kegiatan yang terarah sebagai tusi penilik dimulai dari kegiatan perencanaan, pemantauan , penilaian, pemimbingan dan pelaporan terhadap prgram paud dikmas.

Tugas pengendalian mutu program merupakan tusi penilik saat ini dengan mengendalikan program paud dikmas berdasar 8 (delapan ) standar nasional pendidikan. Untuk itu penilik sebagai pengendali program memiliki kompetensi antara lain;

1. Menyusun dan menganalisis perencanaan pengendalian mutu PAUD dan DIKMAS

2. Menganalisis kegiatan pemantauan program PAUD dan DIKMAS

3. Menerapkan penilaian program PAUD dan DIKMAS

4. Memastikan kegiatan pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan PAUD dan DIKMAS

5. Menganalisis laporan hasil pengendalian mutu program PAUD dan DIKMAS

6. Menyusun rancangan/desain evaluasi dampak program PAUD dan DIKMAS

7. Membuat contoh instrument evaluasi dampak program PAUD dan DIKMAS

8. Membuat laporan hasil evaluasi dampak program PAUD dan DIKMAS

9. Mensimulasi presentasi hasil evaluasi dampak progam PAUD dan DIKMAS

10. Mengklasifikasikan konsep, prinsip dan prosedur, pengembangan pembelajaran/pembimbingan program atau satuan PAUD dan DIKMAS

11. Menerapkan langkah-langkah dalam pembimbingan menyusun silabus

12. menerapkan langkah-langkah dalam pembimbingan menyusun

RPP

13. menerapkan

strategi pembimbingan dalam pengembangan potensi peserta didik

14. Menerapkan langkah-langkah pembimbingan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran

15.Mendesain pembimbingan pendidik dalam pengembangan media pembelajaran

16. Menerapkan cara memotivasi pendidik untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran

17. Merancang strategi pengendalian mutu dan evaluasi dampak melalui berbagai supervisi

18. Membuat alat penilaian hasil pembelajaran disatuan PAUD dan DIKMAS

19. Membuat garis besar langkah-langkah pelaksanaan penilaiandan perbaikan pembelajaran pada PAUD dan DIKMAS

20. menerapkan konsep dan prinsip-prinsip penilaian

menerapkan pendekatan, metode,jenis dan prosedur penelitian pengembangan PAUD

21. Membuat garis besar langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian hasil belajar PAUD

22. Menganalisis instrumen penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan PAUD

23. Membuat garis besar langkah-langkah pemantauan dan penilaian hasil pelaksanaan pembelajaran PAUD

24. Memastikan pelaksanaan pembimbingan pendidik dan tenaga kependidikan dalam memanfaatkan hasil penilaian kinerja

25. Memastikan pelaksanaan evaluasi kinerja satuan pendidikan PAUD

26. menerapkan konsep dan prinsip-prinsip penilaian pendidikan kesetaraan dan

keaksaraan

27. menerapkan pendekatan, metode,jenis dan prosedur penelitian pengembangan pendidikan kesetaraan dan

keaksaraan

28. Membuat garis besar langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian hasil belajar pendidikan kesetaraan dan

keaksaraan

29. Menganalisis instrumen penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan kesetaraan dan

keaksaraan

30. Membuat garis besar langkah-langkah pemantauan dan penilaian hasil pelaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan dan

keaksaraan

31. Memastikan pelaksanaan pembimbingan pendidik dan tenaga kependidikan dalam memanfaatkan hasil penilaian kinerja

32. Memastikan pelaksanaan evaluasi kinerja satuan pendidikan kesetaraan dan

keaksaraan

33. menerapkan konsep dan prinsip-prinsip penilaian Kursus

menerapkan pendekatan, metode,jenis dan prosedur penelitian pengembangan Kursus

34. Membuat garis besar langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian hasil belajar Kursus

35. Menganalisis instrumen penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan Kursus

36. Membuat garis besar langkah-langkah pemantauan dan penilaian hasil pelaksanaan pembelajaran Kursus

37. Memastikan pelaksanaan pembimbingan pendidik dan tenaga kependidikan dalam memanfaatkan hasil penilaian kinerja Kursus

38. Memastikan pelaksanaan evaluasi kinerja satuan Kursus

39. Menganalisis karya tulis ilmiahbidang PAUD dan DIKMAS sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah

40. Menganalisis hasil penerjemahan/ penyaduran buku di bidang PAUD dan DIKMAS

41. Menerapkan Standar buku pedomanpetunjuk/pelaksanaan dan petunjuk teknis di bidang pengendalian mutu PAUD dan DIKMAS

42. Menganalisis strategi dan langkah-langkah menjadi juara

Menerapkan sikap terbuka dalam menerima masukan orang lain

43. Menerapkan tindakan sesuai dengan norma sosial

Menerapkan sikap objektif dan tidak diskriminatif

Menerapkan komunikasi yang efektif

44. Menganalisis langkah-langkah sosialisasi program PAUD dan DIKMAS

45. Menerapkan kemitraan program PAUD dan DIKMAS

46. Menganalisis strategipengintegrasian program PAUD dan DIKMAS denganprogram pemberdayaan masyarakat sekitar

47. Memilih langkah-langkah metode dan teknik dalam pemberdayaan masyarakat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post