Arif R. Saleh

Pekerjaan yang tidak membosankan adalah menulis.......

Selengkapnya
Navigasi Web
Kelas Bocor dan Gelap
pixabay.com

Kelas Bocor dan Gelap

Selepas Subuh. Berisik deras hujan berlompatan di atap. Sesuai prediksi BeEmKaGe. Tiga hari ke depan. Sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan. Dari sedang hingga deras. Bahkan disertai angin kencang. Dan petir menyambar. Lengkap sudah.

Rutinitas harus tetap jalan. Sesuai time utility, jas hujan disiapkan. Menjadi tameng terluar. Menangkis serangan hujan sepanjang perjalanan. Benar nggak?....

Sepanjang jalan basah adanya. Bahkan di beberapa tempat menampung air mata langit. Menggenang hingga di bawah lutut. Ada pula yang di atas lutut. Byuhhhh….

Sampai di sekolah. Masih sepi. Tidak seperti biasanya. Hiruk pikuk tak terdengar. Hanya beberapa siswa meringkuk kedinginan. Depan kelas masing-masing.

Ruang guru juga sepi. Padahal waktu bergerak ke batas Check Lock. Yang tak bisa ditolerir. Dengan alasan apapun. Tak terkecuali hujan deras sekalipun.

Bergerak ke arah jam masuk kelas. Hujan bukannya reda. Tambah deras. Langitpun kelabu. Menghalangi sang surya menyapa dunia.

Mumpung masih ada waktu. Keliling kelas menggerakkan badan. Olahraga dan olah rasa. Merasakan langsung bagaimana keadaan kelas. Saat hujan tambah deras.

Banyak kelas “Bocor” (bukan kampanye ya!). Bukan hanya beberapa. Hampir semua. Sedih rasanya. Hanya bisa “olah rasa”.

Bel masuk kelas berbunyi. Parau suaranya. Tidak seperti biasanya. Lantang menggema. Penyemangat pagi. Semangat empat lima. Memulai kerja!, kerja!, dan kerja!....

Bergegas ke kantor guru. Mengambil perangkat pembelajaran. Menuju Kelas 7C. Sesuai jadwal jam pembelajaran.

Sesampai di kelas, hujan masih deras. Hanya ada dua belas siswa dari dua puluh dua siswa. Yang lain mungkin masih di perjalanan. Bisa jadi tidak ke sekolah. Terkendala hujan deras.

Mendung yang tebal mengundang gelap. Jelas mengganggu kegiatan pembelajaran. Tekan stop kontak. Ah…. Listrik tak bisa nyala. Rusak!. Nggilani…jaman gini masih suka main gelap-gelapan. Sudah bocor, gelap lagi. Salah siapa?. Hayo tebak!....

Ah, sudahlah…. Tantangan bukan untuk diratapi. Apalagi ditangisi. Nggak jaman Coy!.... tetap bergerak ke depan. Apapun tantangan dan kendalanya.

Kuambil lembar kerja siswa. Beri petunjuk sesuai rencana pembelajaran. Anak-anak bisa mengerjakan di kelas. Bisa juga di luar kelas. Asal jangan di bawah derasnya hujan. Nggak masalah. Asalkan mereka senang. Yang baca juga senang. Tetap semangat mendidik dan mengajar.

Ujung Akar Bromo, 14.02.2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bocor...bocor... tak jadi masalah karena saya senang membacanya. Barakallah Bapak

15 Feb
Balas

Alhamdulillah, di Medan cuaca cerah sehingga tidak ada yang bocor. Ntah kalau hujan, mungkin bocor juga....hehehe. Namun, biarlah bocor yang penting senang, hahaha. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

15 Feb
Balas

Semoga selalu bahagia.... Salam takzim Bu Hana

15 Feb

Kirain cerita horor lagi Pak Arif...tiwas deg2an ini...hi..hi...ternyata beneran bocor yaa....Barakallah Pak Guru...

15 Feb
Balas

Pada saatnya yg lebih syerem muncul lagi....hihihihi.... Salam takzim Bu Atik

15 Feb

Pasaman Barat mendung berat pak guru. Sekian laporan cuaca hari ini. Hehe ... keren pak!

15 Feb
Balas

Laporan diterima, sikapi dengan bijak dan hati-hati....hahah.... Salam takzim Bu Guru, tetap semangat.

15 Feb

Terima kasih, Pak, semangattt

15 Feb

Kebocoran ada di mana-mana ini salah tukangnya..kenapa belum juga di benerin itu gentengnya...hihihi.... Sukses pak Arif

15 Feb
Balas

Duhhh, kasihan Pak Tukang. Sudah diupah sedikit jadi kambing hitam lagi....hihihihi... Salam takzim Bu Yanis

15 Feb

Uwapik tenan critane cuy

18 Feb
Balas



search

New Post