Arif R. Saleh

Pekerjaan yang tidak membosankan adalah menulis.......

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan dan Aksi Nyata MGMP IPS Provinsi Jawa Timur
Sumber : Grup Facebook Media Guru

Tantangan dan Aksi Nyata MGMP IPS Provinsi Jawa Timur

MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur secara defacto dibentuk Tanggal 08 Nopember 2015 di Hotel “Surya Indah”, Jln. Oro-oro Ombo No. 202 - Kota Batu, tepat pukul 15.45 WIB, saat jeda waktu menunggu narasumber pada kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru SMP Bidang Studi Sejarah Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2015. Penulis yang dipilih sebagai ketua, merasa ada yang kurang tepat, sebab pembentukan MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur hanya melibatkan guru sejarah. Seharusnya melibatkan langsung Ketua MGMP IPS Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Timur.

Secara dejure MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur terbentuk tanggal 23 Desember 2015, tepat pukul 11.30 WIB, bertempat di Gedung ”Sabha Nugraha” Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Jl. Genteng Kali No. 33 Surabaya, lewat pemilihan ulang pengurus yang dihadiri oleh ketua atau yang mewakili Pengurus MGMP IPS Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur. Setelah dilakukan voting, penulis masih dipilih lagi sebagai ketua.

Terbentuknya MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur, menumbuhkan tekad para pengurus yang sudah terlatih berorganisasi di tingkat kabupaten dan kota untuk segera unjuk kerja. Melalui serangkaian pertemuan dan persiapan, dirancang terobosan-terobosan dalam kemandirian untuk bergerak mengadakan kegiatan. Tanpa harus menunggu lama, beberapa kegiatan yang telah kami selenggarakan :

“Diskusi Panel PTK Para Juara” yang diselenggarakan di LPMP Jawa Timur, Tanggal 30 Maret 2016. Narasumber Mamik Setyawati, M. Pd dari Kabupaten Lumajang dan Imam Sayudi, M. Pd dari Kabupaten Gresik. Dua narasumber ini adalah guru IPS yang kenyang pengalaman lomba dan prestasi di tingkat lokal maupun nasional. Diskusi Panel “Menggali Potensi Bakat dan Minat Profesi Guru Menjadi Penulis Produktif” bertempat di Aula SMP Negeri 1 Sidoarjo - Jawa Timur, Tanggal 04 Januari 2017. Narasumber Suyitno, M. Pd (Pengawas Berprestasi Nasional Tahun 2013) dan Johan Wahyudi, M. Pd (Penulis Buku dan Bendahara Umum AGUPENA Jawa Tengah). Pertemuan Pengurus Tanggal 02 Agustus 2017 di Sabha Nugraha, Jalan Gentengkali No. 33 Surabaya dengan agenda “Pemantapan Program Kerja”. Kami merencanakan Seminar Nasional dengan mendatangkan Menteri Pendidikan. Namun rencana ini belum dapat terlaksana karena belum dapat merangkul minimal 4 MGMP IPS se tingkat provinsi. Sebab sementara ini MGMP IPS tingkat provinsi se Indonesia hanya ada di Jawa Timur dan DKI Jakarta. Focus Group Discussion “Peran Guru IPS Menanggulangi Radikalisme dan Terorisme” Tanggal 01 Agustus 2018 di Gedung Gradika Bhakti Praja - Kota Pasuruan. Narasumber Dr. Soubar Isman, MH, MBA, MSC, M. Pd (Ketua FKPT-Forum Komunikasi Penanggulangan Terorisme Jawa Timur dan mantan Kepala BNPT Jawa Timur). Kegiatan “Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Bimtek KTI)” Sabtu-Minggu, 06-07 Oktober 2018 Ruang Teater Pasca Sarjana, Kampus II Universitas PGRI Adi Buana Jln. Dukuh Menanggal XII/8, Surabaya. Bimtek ini kerjasama dengan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA). Narasumber dari akademisi UNIPA Surabaya antara lain Dr. Agung Pramujiono, M. Pd, Dr. M. Shoim, M. Pd, Dr. Sunu Catur Budiyono, M. Hum, dan Dr. Taufik Nurhadi, M. Pd.

Kegiatan MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur bersifat mandiri. Meskipun secara struktural ada di naungan Dinas Pendidikan Provinsi jawa Timur sebagai penanggung jawab dan pembina, segala hal menyangkut program dan biaya kegiatan dilaksanakan secara mandiri dari, oleh, dan untuk guru IPS se-Jawa Timur. Apabila materi kegiatan bersifat umum, MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur juga merangkul guru non IPS dalam kegiatan yang dilakukan.

Mengingat keterjangkauan wilayah se-Jawa Timur, juga mempertimbangkan kegiatan tiap bulan MGMP IPS di tingkat kabupatan dan kota, kegiatan MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur secara mandiri dilakukan hanya 2 kali dalam setahun. Akan tetapi, jika kegiatan dapat bekerjasama dengan Perguruan Tinggi, Lembaga Pemerintah, maupun Badan Usaha baik di tingkat lokal maupun nasional, kegiatan MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur dapat menyesuaikan dengan kepentingan lembaga tersebut. Artinya, dalam 1 tahun bisa lebih dari 2 kali kegiatan.

Kami menyadari bahwa tantangan untuk peningkatan kompetensi guru, khususnya guru IPS di Jawa Timur perlu terus dikembangkan dengan berbagai model kegiatan. MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur sebagai wadah akan terus berupaya mewujudkan guru IPS profesional lewat kegiatan workshop, bimbingan teknis, seminar, diskusi panel dan kegiatan lainnya.

Di awal tahun 2019, sebagai wujud program mandiri pertama, MGMP IPS SMP Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Media Guru Indonesia menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Penulisan Buku”. Kegiatan ini bertempat di Aula MAN Bangkalan didukung sepenuhnya oleh Pengurus dan Anggota MGMP IPS Kabupaten Bangkalan sebagai panitia lokal dan tuan rumah.

Terjun langsung dua narasumber kondang dari Media Guru, Mohammad Ihsan (Pemimpin Umum Media Guru) dan Eko Prasetyo (Pemimpin Redaksi Media Guru). Kegiatan “Bimbingan Teknis Penulisan Buku” di Bangkalan ini bertujuan :

1. Melatih guru di Jawa Timur menulis buku.

2. Memfasilitasi dan menampung karya tulis guru.

3. Membantu guru memublikasikan hasil karyanya.

4. Melatih guru jujur dalam berkarya.

Dari 38 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur, dapat hadir 21 perwakilan Pengurus dan Anggota MGMP IPS Kabupaten dan Kota. Total peserta sebanyak 273 orang yang nantinya diharapkan dapat menggerakkan literasi di Jawa Timur dengan produk SAGUSABU (Satu Guru Satu Buku). Inilah tantangan yang harus kami jawab dengan aksi nyata. Semoga….

Ujung Akar Bromo, 17.01.2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga kedepannya lebih banyak lagi kegiatan--kegiatan yang tentunya bermanfaat bagi perkembangan guru-guru IPS di Jawa Timur, semangat, sukses

20 Jan
Balas

InsyaAllah pak Saihodin....terima kasih

20 Jan

Mantabs Pak Arif, lanjutkan sebagai bagian dari Buku Bapak, semoga segera rampung dan bisa launching bareng dengan Penulis Se jatim di Grahadi dalam rangka Hardiknas dengan Gubernur Jawa Timur, Barokallah

20 Jan
Balas

InsyaAllah pak Syaihu, terima kasih....

20 Jan

Sukses pak Arief, tinggal teman-teman untuk lebih tekun lagi untuk membaca dan terus membaca, berkonsultasi dan terus berkonsultasi ke tim MG, yang pada akhirnya insya Alloh akan tercapai apa yg di inginkan SAGUSABU untuk guru IPS JATIM Kalau boleh usul, ada tindak lanjut dari kegiatan yang di MAN Bangkalan tsb, untuk memantapkan penulisanya dgn kegiatan lanjutan semacam MWC seperti yg di Asrama Haji Sby. Khusus teman-teman yang ingin menyelesaikan bukunya

20 Jan
Balas

Kita kondisikan lebih lanjut dan konsolidasi dengan pengurus baru. Terima kasih atas semuanya pak Yani....

20 Jan
Balas



search

New Post