Pentingnya PAUD Holistik Integratif (HI)
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (UU No. 20 Th 2003 Ttg Sisdiknas).
Semua PAUD hendaknya mampu melaksanakan layanan Holistik Integratif. Dari pengertian PAUD Holistik Integratif sendiri adalah pengembangan terhadap anak usia 0 - 6 tahun dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan dan sistematis, sehingga anak dapat tumbuh secara sehat, kuat, ceria, berkembang optimal dan berakhlak mulia.
Tujuan Umum PAUD HI adalah terselenggaranya pelayanan Pengembangan Anak usia Dini secara melnyeluruh dan terpadu melalui pengintegrasian layanan (Pos PAUDPosyandu-BKB) di tingkat desa/kel. untuk memenuhi kebutuhan esensial anak menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Sedangkan tujuan khusus yaitu a). erpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh yang meliputi layanan kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan, dan pendidikan. b). Terlindunginya anak dari perlakuan salah dari lingkungannya. c) Terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar intansi terkait, dan d) Terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait dalam penyelenggaraan pengembangan anak usia dini secara holistik-integratif.
Layanan yang diberikan harus memadai dan berkesinambungan. Beberapa kegiatan dalam penyelenggaraan PAUD HI yaitu mengintegrasikan layanan HI dalam pembelajaran, layanan Kesehatan dan Gizi memuat pemeriksaaan Kesehatan, gizi seimbang, Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTK) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu perlindungan anak, pengasuhan dan perawatan serta parenting.
Jadi semua PAUD berkewajiban menyelenggarakan layanan PAUD HI dalam pembelajaran dan program kegiatan, fasilitas dan sarana prasarana yang mendukung juga harus dipersiapkan oleh satuan Pendidikan serta di atur Standar Operasional Prosedur (SOP), mengatur jadwal dan Menyusun kurikulum pembelajaran dan pelaksanaan PAUD HI yang dituangkan dalam Program Kerja Tahunan satuan Pendidikan. (Arif)
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar