Rahmawati

Assalammualaikum Pengajar Bahasa Indonesia di SMAN 1 Puncu Kediri Jawa Timur Bismillah Ikatlah ilmu dengan menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membangkitkan Rasa Nyaman di Sekolah Melalui Lukisan Mural
#tantangangurusiana #hari-ke10

Membangkitkan Rasa Nyaman di Sekolah Melalui Lukisan Mural

Membangkitkan Rasa Nyaman di Sekolah Melalui Lukisan Mural

Oleh : Arik Ulfa

Keamanan, kenyamanan dan kedisiplinan suatu sekolah ditentukan oleh nilai-nilai dan sikap warga sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, komite sekolah. Pada sekolah yang aman, warga sekolah mempunyai komitmen yang mendalam dalam menciptakan dan menjaga sekolah. Insiden intimidasi, kekerasan diselesaikan dengan cepat, efektif dan pemulihan hubungan antar warga sekolah cepat dipulihkan.

Selain itu untuk membangkitkan rasa nyaman di sekolah adalah dengan cara membuat suasana sekolah yang kondusif serta menciptakan lingkungan fisik yang bersih, dan indah. Anak-anak dibiasakan untuk menjaga kebersihan sekolah dengan melasanakan piket harian, kerja bakti serta mengadakan kegiatan perlombaan melukis mural di dinding kelas bagian luar dan pagar sekolah.

Dalam artikel kali ini saya fokuskan pada membangkitkan rasa Nyaman di sekolah melalui kegiatan Mural. Banyak orang yang sering melihat lukisan pada dinding-dinding yang ada di jalanan atau pun trotoar. Bahkan beberapa diantara mereka juga sering melihat lukisan pada dinding-dinding rumah atau bangunan yang sudah tidak terpakai atau tidak berpenghuni. Gambar atau lukisan yang Anda lihat pada beberapa tempat yang telah disebutkan di atas merupakan sebuah mural. Hanya saja kebanyakan orang menganggapnya adalah gambar atau lukisan. Lalu, apa sebenarnya makna mural atau pengertian mural?

Apa itu Mural? Apa sebenarnya yang dimaksud dengan mural? Mural merupakan sebuah kata yang cukup asing di dengar bagi sebagian orang khususnya orang awam. Namun sebenarnya kebanyakan dari orang-orang tersebut sebenarnya telah melihat secara langsung apa itu mural bahkan bisa jadi sering.

Pengertian mural menurut bahasa yaitu mural berasal dari bahasa latin yaitu dari kata “Murus” yang berarti dinding. Secara luas pengertian mural adalah menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen. Nah, dari pengertian mural atau arti mural di atas sudah cukup memberi pencerahan kan mengenai apa itu mural sebenarnya? Jadi, lukisan atau gambar apapun yang dibuat pada media permanen seperti lantai, meja, langit-langit itu juga termasuk ke dalam mural.

Salah satu cara untuk membangkitkan rasa nyaman di sekolah adalah dengan mengadakan kegiatan Mural di sekolah. SMAN 1 Puncu mengadakan perlombaan Mural antar kelas. Di mana setiap kelas wajib melaksanakan kegiatan mural yang dilakukan dengan pengecetan dinding/pagar sekolah. Setiap kelas diharuskan membuat lukisanj Mural yang bertema tertentu. Misalnya kelas x bertema lingkungan, kelas xi bertema pengembangan kharakter, Kelas xii bertema budaya.

Adapun tujuan pelaksanaan Mural ini adalah sebagai berikut :

Sebagai ajang meyalurkan bakat seni

Menjaga keindahaan sekolah

Menciptakan rasa nyaman di lingkungan sekolah

Sebagai ajang menyalurkan kreativitas siswa

Menanamkan pendidikan kharakter kepada siswa

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post