Bernardus Ari Kuncoro

Pendidik Data Science dan Musisi....

Selengkapnya
Navigasi Web

7 SKILL YANG PALING DICARI DI TAHUN 2021

Tantangan Menulis Hari ke-182

Oleh: Bernardus Ari Kuncoro

Senja mulai menghampiri hari. Corak langit berubah dari biru menjadi jingga. Matahari menampakkan refleksinya dan siap bersembunyi di bawah samudera. Tanda insan dunia mesti jeda. Beristirahat untuk mengisi kembali tenaga. Mengingat sudah dikerahkan sepanjang hari dengan sepenuh jiwa dan raga.

Dalam kegiatanku sore ini, aku meluangkan waktu sekitar 30 menit. Mencatat salah satu video berfaedah dari sebuah website detik. Salah satu program khususnya adalah dMentor. Mengetengahkan topik yang menggugah pikiran hibernasi. Memvariasikan hal yang terlalu repetitif dan mengurung kreasi.

Cukup ngegombal recehnya, bung!

Salah satu catatan di Sublime Text menginspirasiku untuk menulis hal ini. Tujuh skill yang paling dibutuhkan di tahun 2021.

1. influencing people (persuasive skill)

2. copywriting

3. closing skill

4. time management skill

5. multi tasking skill

6. leadership and effective communication

7. people skill and collaboration

Aku sedikit mengernyitkan dahi terutama untuk yang nomor 3. Closing skill. Opo iki maksude? Bukan keahlian 'menutup' pintu atau menutup buku lantas membuka lembaran baru lah, ya?

Hmmm, teringat dulu waktu aku duduk di sebuah kursi kerja saat sebagai karyawan di salah satu perusahaan. Beberapa meter dari aku duduk, seorang General Manager berbicara tentang closing closing closing. Baru aku sadar bahwa yang dimaksud closing skill ini adalah menyelesaikan proses transaksi penjualan. Alias bisa 'dodolan'*. Dagangan laku. PO (Purchase Order) sukses.

*Dodolan merupakan sebuah kata bahasa Jawa yang berarti berjualan.

Kalideres, 29 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul pak, closing dodolan lewat internet adalah profesi yang tetap eksis di era pandemi. Salam kenal salam literasi. Sukses untuk pak. Izin follow.

29 Jan
Balas



search

New Post