Arinal Haq

Guru di Sekolah Rakyat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ujian Terberat Justru di Puncak Kesuksesan
Anggrek yang patah karena terlalu lebat. (Dokpri)

Ujian Terberat Justru di Puncak Kesuksesan

Bunga anggrek di halaman rumah, kulihat sedang musimnya berbunga. Ada kekhawatiran yang muncul ketika kupandangi jumlah bunga yang bermekaran. Beberapa tanaman terlihat bahkan menghasilkan bunga dalam jumlah yang terlalu banyak sehingga dahannya tak mampu untuk menahan jumlah bunga yang ada.

Kekhawatiranku terbukti ketika hujan pun tiba. Akhirnya, dahan itu benar benar tak kuat menahan bobot bunga yang terlalu banyak. Bunga itu pun terkulai patah. Aku sangat menyesalkan keadaan ini. Tentu saja patahnya bunga, akan mengurangi keindahannya.

Sambil kupetik bunga yang memang sudah patah itu, aku seolah dapatkan satu hikmah darinya. Bunga yang patah itu seakan bilang padaku, bukan tidak mungkin kesuksesan yang dicapai oleh seseorang akan dapat membuat dirinya lupa diri dan akhirnya jatuh.

Bunga anggrek yang tumbuh subur dan mencapai tingkat keindahan yang sempurna seharusnya disiapkan penyangga untuk menguatkan dahannya agar kuat menahan jumlah bunga yang berlebihan.

Demikian pula manusia ketika berada di puncak tertinggi kesuksesan harus menguatkan iman di dalam diri karena gemuruh angin cobaan yang melanda akan semakin kencang pula. Kekuatan iman di dada membuat seseorang akan menjadi lebih tangguh menghadapi badai kehidupan meskipun berada di puncak tertinggi kesuksesan. Karena pada umumnya, banyak orang lebih tahan menderita tetapi tak kuat menahan diri ketika menggenggam kesuksesan.

#edisibelajarmenulis#

070119

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah, tulisan yang terangksi indah sarat makna, sangat menggetarkan dan menggugah hati, dengan ibrah bahwa menggapai sesuatu lebih mudah dari mempertahankan. Semakin tinggi kesuksekan diraih, semakin besar ujian yang datang, hingga mempersiapkan diri dengan keimanan merupakan keniscayaan. Sukses selalu dan barakallah

07 Jan
Balas

Terimakasih, Bu. Tulisan recehan dari seorang penulis pemula. Semoga ibu sehat dan sukses selalu. Barakallah.

08 Jan



search

New Post