Arinil Janah

Arinil Janah, Ibu dari 4 anak, berprofesi sebagai guru SDIT Luqman Al Hakim Sleman. menyukai dunia pendidikan, kajian keislaman, penelitian, seni teater, wiraus...

Selengkapnya
Navigasi Web
BUKAN SALAH GADGET

BUKAN SALAH GADGET

Laju perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini tidak sepadan dengan kesiapan kita menerimanya. Ibarat mata uang, perangkat teknologi memiliki dua sisi. Sisi positif dan sisi negatif. Kedua sisi tersebut sebenarnya bergantung pada kita yang menggunakannya.

Menurut saya bukan salah gadget jika ternyata banyak sisi negatif yang diperoleh dari penggunaan gadget. Salah kita yang tak mampu menggunakan gadget dengan bijak. Di balik sisi negatif ada juga sisi positif. Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Semuanya kembali pada kemampuan diri kita dalam memanfaatkannya.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai orang tua dalam menyikapi penggunaan gadget untuk anak.

· Fahamkan

Memberikan pemahaman sangat penting. Seringkali kita sebagai orang tua lupa memberikan pemahaman pada anak. Melarang tanpa memberikan pemahaman akan membuat anak makin penasaran, dan memicu anak untuk melanggar apa yang kita larang. Memberi pemahaman tentang positif dan negatif penggunaan gadget sangat penting, agar anak menggunakannya dengan bertanggung jawab.

· Batasi

Beri batasan waktu penggunaan gadget, agar anak kita tetap bisa melakukan banyak hal selain bergadget ria J. Batasan waktu ini bisa didiskusikan dengan anak, buat sebuah kesepakatan bersama anak. Hal ini tentu akan lebih diterima oleh anak.

· Dampingi

Untuk anak-anak yang masih kecil pendampingan sangatlah penting. Pendampingan ini mungkin bagi orang tua yang sibuk bekerja agak susah karena waktu yang terbatas. Tapi kalau anak-anak sudah difahamkan, insya Allah tanpa didampingi pun, sudah bisa menggunakan gadget dengan bijak.

· Kontrol

Secara berkala lakukan control. Orang tua bisa mengecek histori/riwayat penggunaan gadget. Orang tua juga bisa bertanya secara langsung mengenai apa yang dilihat atau dikerjakan anak menggunakan gadget. Selain mengontrol materi yang dilihat oleh anak, orang tua juga harus mengontrol lama penggunaan gadget. Misalnya, boleh main game satu jam di hari libur, tapi ternyata sudah dua jam si anak belum berhenti, maka orang tua harus menegurnya dengan baik dan tegas.

catatan:

tulisan ini ditulis untuk buku sagusabu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

fahamkan, batasi, dampingi, kontrol... tepat sekali bu. Bu Arinil Janah, mohon izin tulisannya saya sharing.... terimakasih.

11 Mar
Balas

silahkan, Pak. Moga bermanfaat.

12 Mar



search

New Post