Arinil Janah

Arinil Janah, Ibu dari 4 anak, berprofesi sebagai guru SDIT Luqman Al Hakim Sleman. menyukai dunia pendidikan, kajian keislaman, penelitian, seni teater, wiraus...

Selengkapnya
Navigasi Web

Gurusiana di Mata Blogger Pemula

Hari ini kita memperingati Hari Blogger Nasional. Mungkin banyak yang belum tahu kalau setiap tanggal 27 Oktober di Indonesia selalu diperingati sebagai Hari blogger Nasional. Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada saat membuka kegiatan Pesta Blogger 2007, pesta akbar pertemuan para blogger se-Indonesia.

Gurusiana menjadi tempat yang tepat bagi kita para guru untuk menuangkan semua ide ke dalam sebuah blog. Gurusiana juga dapat menjadi ajang silaturahmi para guru dari berbagai penjuru. Tak hanya itu, secara berkala gurusiana/Media Guru memberikan berbagai tantangan menulis, lomba, dan berbagai kegiatan pelatihan menulis. Hal-hal tersebut menjadikan gurusiana istimewa di mata anggotanya.

Berikut ini beberapa tips untuk menjadi blogger di gurusiana:

1. Tentukan Tujuan

Mengetahui tujuan pembuatan blog merupakan cara menjadi blogger yang baik. Sebuah langkah awal yang tidak boleh begitu saja dilewatkan. Dengan memiliki tujuan, kita jadi tahu bagaimana blog tersebut akan dibangun. Dan, ke arah mana blog tersebut nantinya akan dikembangkan.

2. Tingkatkan Skill Menulis

Ada banyak kategori yang dapat dipilih saat menulis di gurusiana. Kita bisa memilih kategori artikel, cerpen, puisi, pentigraf dan lain-lain. Jika kita memiliki keahlian menulis yang baik, tentu saja karya yang yang ditulis pun akan berkualitas. Bagi yang merasa belum memiliki skill menulis yang belum baik, tidak perlu berkecil hati, teruslah berlatih dan berlatih. Ikuti saja berbagai pelatihan menulis yang diselenggarakan gurusiana/Media Guru.

3. Mengatur Waktu

Pada dasarnya kegiatan blogging tidak mengikat harus dilakukan di waktu tertentu. Akan tetapi, banyaknya hal yang harus dilakukan membuat pengaturan waktu menjadi penting. Kita dapat menentukan kapan waktu untuk merencanakan konten, menulis artikel, dan lain sebagainya.4. Konsisten

Menurut saya ini adalah hal yang tersulit. Konsisten menulis di blog butuh komitmen yang tinggi. Ada banyak halangan dan godaan untuk mewujudkannya. Ketika saya mulai tidak konsisten, biasanya saya akan kembali bertanya pada diri sendiri tentang tujuan saya ingin menjadi seorang blogger.

Demikian pandangan saya terhadap gurusiana dan beberapa tips bagi penulis blog pemula. Selamat Hari Blogger Nasional. Semoga bermanfaat dan salam semangat!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen tipsnya, Bunda. Salam literasi

27 Oct
Balas

terima kasih, Pak. Salam literasi

27 Oct

Mantap ulasanya

27 Oct
Balas

terima kasih, bunda

27 Oct



search

New Post