Arinil Janah

Arinil Janah, Ibu dari 4 anak, berprofesi sebagai guru SDIT Luqman Al Hakim Sleman. menyukai dunia pendidikan, kajian keislaman, penelitian, seni teater, wiraus...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Guru di Era Revolusi Industri 4.0
foto dari medium.com

Tantangan Guru di Era Revolusi Industri 4.0

Sahabat guru, dunia terus bergulir. Dunia pendidikan pun mengalami perkembangan yang terus menerus tanpa dapat kita hentikan. Mau tidak mau, suka tidak suka arus perkembangan akan terus berjalan. Sebagai guru kita harus bisa terus beradaptasi dan memantaskan diri, tidaksekedar menyiapkan diri. Turut serta dalam arus perkembangan menjadi pilihan terbaik agar eksistensi kita tak tergantikan. Mungkin ada beberapa guru yang merasa takut dan khawatir dengan adanya berbagai perubahan. Laju perubahan dan perkembangan adalah sebuah keniscayaan.

Saat ini kita tengah memasuki era revolusi industri 4.0 dan pastinya terus bergulir menuju era revolusi industri 5.0. Guru harus melek IT. Memaksimalkan segala kemampuan untuk meramu metode pembelajaran yang efektif menggunakan berbagai piranti IT. Sudah bukan jamannya lagi guru berbusa-busa berkhotbah di depan peserta didik. Guru bukan lagi satu-satunya sumber ilmu. Ada berbagai piranti IT yang dapat digunakan. Namun tak perlu takut dan gentar, era industri berapapun ada 3 hal yang tak tergantikan dari sosok guru yang akan membuat guru tetap eksis dan dibutuhkan.

v Guru sebagai Motivator

Peserta didik adalah sosok-sosok yang butuh sentuhan motivasi secara langsung. Guru dapat memantik semangat peserta didik untuk mencintai ilmu pengetahuan, menebar kebaikan, dan mewujudkan cita-cita. Motivasi yang kuat akan menjaga semangat untuk mencapai tujuan. Guru harus pandai membawa peserta didiknya kepada tujuan yang hendak dicapai, dengan cara yang lebih baik.

v Guru sebagai Sosok Teladan

Jadilah seorang guru yang digugu dan ditiru. Ditaati nasehat, ucapan, dan perintahnya dan di contoh sikap maupun perilakunya. Guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat pengaruh terhadap keberasilan peserta didik. Kepribadian yang mantap dari sosok seorang guru akan memberikan teladan yang baik terhadap anak didik maupun masyarakatnya. Teladan dalam hal apa? Teladan dalam kata, pikir, sikap, dan tingkah laku.

v Guru sebagai Agen Perubahan

Guru mempunyai peran penting sebagai agent of change. Guru sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan merupakan sosok yang sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kepiawaian dan kewibawaan guru sangat menentukan kelangsungan proses belajar mengajar di kelas maupun efeknya di luar kelas. Sehingga guru mampu menjadi pelopor perubahan sosial.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu Lanjutkan

14 Jul
Balas

makasih, Pak. Salam semangat. Salam Literasi

14 Jul

Good Writing...

14 Jul
Balas

masih belajar. mohon bimbingannya, Pak

14 Jul



search

New Post