Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Praktik Terbaik Wawancara untuk Mengasah Keteramp
A. Perencanaan Best Practice
Literasi merupakan salah satu program untuk menumbuhkan rasa gemar membaca dan menulis bagi peserta didik. Dalam pembelajaran menggunakan discovery learning siswa kelas 3 dapat melakukan wawancara untuk menggali informasi dengan narasumber bapak/ibu guru . Disamping mendapatkan informasi siswa juga dapat merasakan kehangatan dan lebih dekat dengan Bu Guru, mengenalnya sebagai individu yang memiliki hobi, kegemaran, dan keunikannya sendiri di luar ruang kelas.
Perencanaan yang dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran kali ini adalah sebagai berikut:
1. Landasan Dasar yaitu : KD 3.1 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif dengan Menceritakan arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila dan KD 4.1 Menuliskan laporan wawancara tentang kegiatan merawat tanaman dan mengalikansikan pengamalan sila pertama dalam kehidupan sehari-hari
2. Merancang pembelajaran Bersama peserta didik
3. Mendiskusikan Langkah – Langkah wawancara yang akan dilakukan
4. Membuat kelompok kecil dalam kelas
5. Memberikan PPT yang berkaitan dengan wawancara yang akan dilakukan
B. Pelaksanaan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan pada awal bulan Agustus sebelum peserta didik melaksanakan Penilaian Tengah Semester 1. Peserta didik mendapatkan materi tentang wawancara terlebih dahulu sebelum diminta untuk melaksanakan wawancara. Sebelum pelaksanaan wawancara guru menyampaikan tujuan wawancara dan pentingnya kegiatan wawancara dalam kehidupan sehari- hari. Bersama siswa, guru mendiskusikan tehnik pelaksanaan wawancara dan bagaiman menyusun pertanyaan yang baik dan sesuia dengan tujuan yang diharapkan. Peserta didik sangat antusias karena mereka bisa melaksanakan wawancara dengan narasumber bapak/ibu guru di sekolah. Untuk mempermudah pelaksanaan wawancara seluruh siswa terlebih dahulu menyaksikan video tentang pelaksanaan wawancara. Langkah pertama yang dilakukan setelan melihat video, mereka membuat pertanyaan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan . dalam kelompok kecil dan menyiapkan pertanyaan . Apabila selesai membuat pertanyaan masing – masing kelompok dipersilahkan untuk memilih satu guru yang akan dijadikan narasumber .
C. Visual hasil
Laporan hasil wawancara ditulis dalam lembar kerja siswa dan presentasi di depan kelas. Berbicara di depan kelas menjadi pengalaman tersendiri bagi siswa dan dapat meningkatkan potensi yang ada dimiliki siswa. Di samping itu presentasi juga merupakan proses pembelajaran dalam menulis dan berbicara di depan kelas .
D. Tindak Lanjut
Kegiatan feedback yang dilakukan pendidik untuk mengapresiasi kegiatan setiap kelompok adalah sebagai berikut:
1. Guru mengevaluasi lembar kerja siswa khususnya penilaian yang diberikan oleh narasumber tentang sikap saat melakukan wawancara supaya Ketika melakukana kegiatan wawancara lagi tidak mengulangi kesalahan yang sama.
2. Guru memberikan masukan pada masing – masing kelompok untuk perbaikan laporan wawncara yang telah baik mengenai hasil laporan mauoun sikap saat mempresentasikan.
3. Guru memberikan apresia kepada siswa tentang keberanian anak-anak dalam melaksanakan wawancara dan mengingatkan untuk selalu berterima kasih kepada narasumber atas waktu dan informasi yang telah mereka bagikan
4. Guru memberikan pertimbangan untuk mencatat beberapa poin penting selama wawancara. Ini dapat membantu anak- anak dalam membuat laporan yang lebih rapi dan terstruktur
5. Guru memberikan masukan supaya laporan lebih menarik, anak- anak bisa terlebih dahulu untuk menyusun pertanyaan sedemikian rupa sehingga alur cerita dalam laporan menjadi lebih jelas dan mudah diikuti..
6. Guru memberikan tantangan untuk dapat melakukan wawncara secara individu.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar