Arisnelwati, S. Pd.

Arisnelwati lahir di Lubuk Laweh, 1 Juni 1983. Mengikuti jenjang pendidikan formal Mulai dari SD 60 Pulau Aie, MTsN Tandikat, SMKN 1 Padang Panjang, dan S1 di U...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ceramah Ustad Salim A Fillah

Ujar Hasan Al Bashri, "Hukuman atas dosa bukan terhentinya rizqi, melainkan terputusnya munajat mesra dengan Ilahi." Mari benahi 'amal diri.

Beruntunglah yang dosanya disusuli taubat nashuha; yang ibadah tak membuatnya berbangga; harap-cemas akan ridhaNya, & berjuang mencintaiNya.

Adalah rahmatNya; Allah jadikan rasa kaya & bahagia itu dalam dada kita; ridha pada pembagian & ketetapanNya; hingga dunia ringanlah saja.

Kekayaan terbesar adalah dosa yang diampuni, ibadah yang diridhai, nikmat yang tersyukuri, & musibah yang tersabari. AlhamduliLlah.

Allah Maha Pengasih tiada pilih; dunia dikaruniakan tuk yang dibenci maupun dicinta. Tak perlu disedihkan kekalahan pada perlombaan atasnya.

Tapi jika tentang akhirat; Allah Maha Penyayang tanpa batas berbilang; hanya untuk hamba yang diridhai & dicintaiNya. Rebutlah senantiasa.

Iman memang tak menjamin kita untuk selalu berlimpah & tertawa. Tapi ia menyediakan rengkuhan lembutNya; dalam apapun dera yang menimpa.

Barakah adalah bertambahnya kebaikan dalam apapun keadaan. Kebaikan pada si hamba; dalam sakit & 'afiyah, menang & kalah, nikmat & musibah.

Betapa barakah Nabi & para sahabat; meski lebih banyak sempit dari lapangnya, susah dari senangnya, & tak selalu menang dalam perangnya.

Betapa barakah kepemimpinan 'Umar; ada kegemilangan memang; tapi juga 2 tahun paceklik berat kekeringan 'Ramadah' yang mencabik negara.

Sungguh keliru anggapan jika pemimpin shalih & rakyat bertaqwa maka musibah akan sama sekali tiada. Tidak. Barakah itu warna-warni jalannya.

Seperti ujar 'Abdurrahman ibn 'Auf pada 'Umar saat Ramadah, "Dulu di zaman jahiliah, paceklik seperti ini sudah membuat orang saling bunuh."

"Tapi dalam kepemimpinanmu hai Amiral Mukminin, mereka semua menampakkan kesabaran bersama kesabaranmu; bahkan mengutamakan saudaranya."

Hingga jelata macam Ahnaf ibn Qais yang ambruk kelelahan membagi ransum berdoa, "Rabb, jangan murkai aku jika masih ada hambaMu yang lapar."

Ketika Sa'd ibn Abi Waqqash mengirimkan ghanimah perbendaharaan Kisra, 'Umar berkata, "Betapa amanah panglima & pasukan ini. Betapa amanah!"

Maka sahut 'Ali, "Sebab kau pemimpin yang tak tergoda dunia, maka demikian pula rakyatmu. Andai kau terrayu, pasti mereka memperebutkannya."

RadhiyaLlahu 'Anhum Ajma'in. Itulah barakah; tampak pada jiwa-jiwa mulia & tanggapan mereka; bukan pada keadaan & kejadian yang menimpa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang keren bu

04 May
Balas



search

New Post