Aris Pujianto

Aris Pujianto adalah guru matematika MTs Muhammadiyah 04 Slinga Purbalingga (Mufourga) yang beralamat di Jl. Raya Slinga, Kec. Kaligondang, Kab. Purbalingga Jaw...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Kerjasama dengan Media Mencuci

Belajar Kerjasama dengan Media Mencuci

Saya ingin melanjutkan pembahasan tentang banyak teman itu bahagia. Kemarin sudah diceritakan bahwa para santri sudah sangat menikmati suasana pesantren. Mereka dapat bermain bersama, bercanda bersama, tanpa ada sekat atau jurang pemisah. Mereka leluasa mengeksplor kesukaannya yang sesuai dengan usianya. Kata ahli, dunia anak adalah dunia bermain. Pola pendidikan yang dikemas dengan permainan, lebih bermakna. Hasil yang diharapkan inshaaallah lebih mudah dicapai.

Ada cerita lain, yang menurut saya merupakan pendidikan dan juga penanaman karakter kerjasama. Saya pernah melihat, saat para santri mencuci baju bersama. Biasanya mereka mencuci bersama setiap hari selasa sore, kamis sore dan hari ahad. Mengapa hari-harinya sudah dapat dipastikan???, karena selasa, untuk mencuci seragam senin dan selasa. Kamis sore mencuci seragam yang dipakai hari rabu dan kamis. Mencuci hari ahad, untuk seragam jumat dan sabtu. Mereka berangkat menuju tempat mencuci dengan senyuman gembira sambil bercanda. Membawa ember yang berisi cucian, alat dari kayu untuk alas mencuci dan sabun. Menurut saya, mereka ceria dan wajahnya bersahabat saat akan mencuci, hanya ada di pesantren. Bapak dan ibu wali santri dapat menjadi saksi. Apakah mereka mencuci sendiri di rumah?, atau dipaksa mencuci dengan wajah cemberut????. Silahkan dibandingkan, dengan apa yang saya lihat di pesantren.

Yang menurut saya mencuci itu dapat dijadikan pendidikan karakter kerjasama adalah, saat mereka berpasangan memeras baju. Setelah semua selesai mencuci, mereka berdiri dan saling berpasangan serta berhadapan. Baju yang akan diperas dipegang oleh keduanya. Kemudian saling memutar baju berlawanan arah. Diulang beberapa kali, sampai air dalam cucian benar-benar habis. Mereka saling bergantian, sesuai pasangannya. Saat melihat itu, saya merasa bahagia, karena mereka mencuci sambil bercanda dan tertawa. Bahagia dan pekerjaan selesai. (bersambung).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post