Aris Sabthazi

Pendidik di SMA Negeri 1 Jamblang...

Selengkapnya
Navigasi Web

BELAJAR DARI SEMUT

Di lantai sudut tembok ada lalat bergerak. Lalat besar, orang bilang lalat hijau. Bukannya masih hidup tapi sudah mati. Sudah mati kok bisa bergerak?.

Ternyata ia bergerak karena dibawa oleh semut kecil. SubhanaAlloh. Secara fisik tubuh semut lebih kecil dari lalat, tapi semut mampu mengangkatnya.

Ternyata ciptaan Alloh yang kecil itu memiliki kekuatan luar biasa. Tahukah Anda, semut adalah hewan terkuat di dunia.

Terutama yang jantan. Ia mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri. Hal itu disebabkan tulang semut ada di luar.

Rahang semut sangat kokoh dan kuat. Rahangnya berfungsi membawa makanan, memanipulasi objek, membangun sarang dan pertahanan.

Tambahan ilmu lain dari semut. Semut bernafas tidak menggunakan paru -paru melainkan dengan lubang-lubang dada yang disebut _spirakel_.

Semut juga memiliki jantung, namun bentuknya panjang dan tipis menempel di sepanjang tubuhnya yang disebut _aurota punggung_.

Hikmah bagi penulis, adalah dengan ijin Alloh setiap kita pasti mampu melewati setiap tantangan dalam hidup ini. Karena Alloh telah ciptakan seluruh makhluk dengan kesempurnaan-Nya. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Dan hendaknya kita selalu bersyukur dengan beramal kebaikan. Sebagai bukti rasa syukur kita kepada-Nya.

Alhamdulillah mendung, 13.37, Sabtu, 30/12/17

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post